HIJUP dan Lovepink Berkolaborasi untuk Perbaiki Kesehatan Kulit Saat Pengobatan Kanker Payudara

by : Monique Oktaviannie Hartono
Posted : October 25, 2018
E-commerce fashion muslim pertama di dunia, HIJUP, berkolaborasi dengan komunitas breast cancer survivor, Lovepink, untuk membahas bagaimana cara menjaga kesehatan kulit saat menjalani treatment pengobatan kanker payudara. Bertempat di Soulfood, Kebayoran Baru, Jakarta, HIJUP juga menghadirkan empat narasumber penting yang akan membantu menjawab pertanyaanmu mengenai perawatan kulit bagi penderita kanker payudara.

Di awal acara, pendiri komunitas Lovepink, Shanti Persada, sempat menceritakan pengalamannya dalam memerangi kanker payudara.

Dirinya mengatakan bahwa ia menggunakan pemikiran positif dalam menghadapi efek dari pengobatan yang dia lakukan. "Sebenarnya yang seperti itu (pemikiran positif) yang membuat kita lebih kuat," kata Shanti.
 
Namun, ada satu problem yang menjadi concern Shanti. Setelah melakukan treatment untuk kanker payudaranya, kuku tangan dan pigmen kulitnya pun mengalami perubahan warna.
 
Warna kulit Shanti berubah dari N-25 menjadi N-34 karena melakukan treatment untuk kanker payudaranya.  Hal tersebut tentunya mengganggu penampilan Shanti sebagai seorang perempuan.

Dr. Emil Rafian dari klinik ERFA Cibubur pun menjelaskan secara medis mengenai efek-efek dermatogis yang muncul saat melakukan treatment kanker payudara. Namun, sebelum memulai, Dr. Emil menekankan bahwa tiap individu memiliki efek berbeda.

"Mohon jangan terpaku dengan efek yang saya sebutkan. Karena manusia hidup dengan faktor individualitas. Efek ini muncul tergantung genetiknya masing-masing," ujar Dr. Emil.
 
Dokter yang juga bekerja di Rumah Sakit Umum di Cibinong ini pun kemudian menjelaskan berbagai bentuk pengobatan untuk kanker payudara, seperti kemoterapi, operasi, dan radiasi.
 
Dirinya juga menjelaskan efek samping dari pengobatan tersebut, termasuk dengan efek samping yang dialami Shanti, seperti perubahan warna kulit dan kuku. Dr. Emil juga menyebutkan efek samping lainnya, seperti kerusakan kulit seperti keloid yang muncul karena operasi.
 
Selain Dr. Emil, hadir pula Dr. Patsy S. Djatikusumo. Ahli gizi kesayangan teman-teman dari Lovepink ini menjelaskan cara untuk mengatasi efek samping yang mengakibatkan perubahan warna kulit atau kerusakan pada kulit.
 
Dr. Patsy mengatakan, hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi efek samping dari treatment kanker adalah menyempurnakan nutrisi tubuh kita dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi.
 
“Dari pertama kita melakukan treatment, biasanya adalah operasi dulu. Nah, dari pertama kita melakukan operasi, ada baiknya kita langsung menerapkan untuk makan makanan yang bernutrisi.
 
Karena ketika melakukan operasi, kita mengalami stress, baik jiwa kita maupun sel-sel kita. Jadi, kita membutuhkan nutrisi yang lebih baik,” kata Dr. Patsy.

Dengan hal sederhana tersebut, kita bisa menghindari munculnya keloid yang lebih besar hingga komplikasi yang mungkin saja dapat terjadi saat operasi.


Melalui acara yang diadakan HIJUP bersama Lovepink ini, diharapkan para warrior dan survivor dapat terus menjadi perempuan yang cantik meskipun mengalami efek samping dalam proses pengobatan kanker payudara.
 
Selain berbincang-bincang dengan para ahli medis, HIJUP juga mengadakan makeup tutorial dan scarf tutorial untuk para warrior dan survivor breast cancer dengan selebgram Farahdiba, lho.

Nah, seperti kata Shanti, "Give up is not an option,” para warrior dan survivor breast cancer sangat antusias dalam mengikuti acara bincang-bincang ini.
 


Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Monique Oktaviannie Hartono
 
Baca juga:

Topic

#hidupsehat , #eventupdate

polling

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) - 12 Desember

Barang apa yang paling sering kamu beli di online shop?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2018 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.