Venus Flytrap, Si Tanaman Karnivora

by : Priska Zahra
Posted : January 11, 2017
Di dunia ini nggak cuma hewan saja lho, yang bisa disebut sebagai pemakan daging atau karnivora. Tanaman kecil berbentuk pipih ini ternyata dikenal sebagai pemakan daging. Wah, jadi penasaran. Kenalan, yuk!
 
Namanya Venus Flytrap atau bahasa latinnya Dionaea Muscipula. Tanaman ini masuk dalam kategori insektivora, karena makanan utamanya adalah serangga, laba-laba dan jangkrik. Mereka mengonsumsi serangga, karena membutuhkan nutrisi lebih banyak dibandingkan tanaman lain.
 
Buat bentuknya sendiri, Venus Flytrap memiliki daun yang mirip seperti capit dengan ukuran sekitar 10 cm. Sedangkan bagian dalamnya, tanaman ini berwarna kemerahan. Warna merah yang dimiliki Venus Flytrap bisa menarik perhatian serangga, lho.
 
Proses mencerna makanan pada tanaman ini juga terbilang sangat cepat. Saat serangga hinggap didalamnya, secara otomatis mulut venus akan menutup secara rapat. Jadi, mangsa pun nggak akan bisa melarikan diri. Uniknya, tanaman ini mampu mengonsumsi hingga 10 serangga sekaligus.
 
Sayangnya, populasi Venus Flytrap di Indonesia masih terbilang sedikit banget. Soalnya, masyarakat sekitar masih menganggap tanaman ini sangat berbahaya. Padahal, secara ilmiah Venus Flytrap termasuk tanaman yang mudah dirawat dan mudah dikembangbiakkan, lho. Terlebih lagi, iklim di Indonesia cenderung tropis yang sangat membantu pertumbuhan Venus Flytrap. Editor: Putriyantini - Foto: www.theatlantic.com

polling

Yang Paling Ditunggu di Ajaran Baru

Apa Sih yang Kalian Tunggu saat Memasuki Tahun Ajaran Baru?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
Pisces

Pisces

Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
Aries

Aries

Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
Taurus

Taurus

Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
Gemini

Gemini

Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
Cancer

Cancer

Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
Leo

Leo

Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
Virgo

Virgo

Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
Libra

Libra

Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
Scorpio

Scorpio

Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
Sagitarius

Sagitarius

Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
Capricorns

Capricorns

Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!