Berhenti Jadi Juru Bicara Sobat

by :
Posted : August 19, 2011

Saat butuh izin untuk keluar malam, sobat langsung minta bantuan kita untuk ngomong sama orang tuanya. Soalnya kita memang lebih dipercaya sama orangtua si sobat. Bahkan setiap kali sobat dihukum sama ortunya, bak pengacara handal, kita pun berhasil mengurangi masa hukumannya. Judulnya bantuin sih, tapi kan kita jadi ribet, ya? Jika kita sudah malas jadi juru bicara sobat, inilah yang harus kita lakukan:
  1. Mendorong sobat untuk berani berbicara langsung ke orang tuanya. Supaya dia nggak gagap dan canggung, bantu dia latihan berdiskusi. Kalau perlu kita tulis kalimat-kalimat jitu untuk merayu ortunya dan meminta dia mempraktekannya di depan kita terlebih dahulu.
  2. Membantu dengan cara lain. Kita nggak perlu selalu menjadi juru bicaranya, kok. Jika kita merasa si sobat memang pantas dihukum sama ortunya, kita nggak perlu repot membela dia. Sebaliknya ubah posisi kita dari juru bicara menjadi pendengar yang baik. Artinya, sepanjang dia menjalani hukuman, kita akan tahan mendengarkan segala keluhannya.
  3. Ajak sobat dan orang tuanya jalan bareng atau makan bersama. Nah, saat kumpul bersama inilah kita buka ajang berdiskusi bagi mereka. Dengan begitu semua ganjalan di hati mereka akan keluar. Jangan lupa untuk meminta mereka menerapkan aturan baru tentang rapat keluarga untuk menyelesaikan masalah.
  4. Jangan ragu untuk menolak. Biasanya kita terjebak dalam posisi sebagai juru bicara karena nggak bisa menolak permintaan sobat dan ortunya. Mulai sekarang coba tolak dengan halus permintaan mereka. Katakan saja kalau kita hanya bisa mendukung, tapi mereka sendirilah yang harus mencari cara untuk bersatu sebagai keluarga.

Legita –Foto: Istimewa


Klik juga yang ini:

polling

Kain Khas Indonesia

Jenis kain khas Indonesia apa yang sering kamu pakai?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
Pisces

Pisces

Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
Aries

Aries

Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
Taurus

Taurus

Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
Gemini

Gemini

Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
Cancer

Cancer

Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
Leo

Leo

Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
Virgo

Virgo

Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
Libra

Libra

Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
Scorpio

Scorpio

Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
Sagitarius

Sagitarius

Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
Capricorns

Capricorns

Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!