Alice Waters

by :
Posted : September 21, 2014

Ternyata, berkebun bisa mendatangkan banyak keuntungan, lho. Selain bisa menikmatinya sendiri, kita juga dapat menjualnya ke orang lain. Kita juga lebih sehat karena bahan makanan yang terjamin. Itulah yang dipikirkan seorang koki asal Amerika Serikat, Alice Waters.

Alice Louise Waters lahir di AS pada 28 April 1944. Ia memulai usaha restoran pertama kalinya di tahun 1971. Ia memiliki resto tekenal bernama Chez Panisse yang terkenal dengan makanan organiknya. Resto ini masuk dalam deretan The World's 50 Best Restaurants 2002-2008. Nama Waters juga masuk dalam tokoh yang berpengaruh di bidang kuliner selama 50 tahun terakhir. Terutama dukungannya terhadap Organic Food Movement. Koki seleb ini yakin kalau mengkonsumsi makanan organik dapat menyehatkan suatu komunitas, bahkan negara.

Usaha Waters mempopulerkan makanan organik dan sehat membuahkan hasil. Pada perayaan ulang tahun restonya yang ke-25 tahun, ia mendirikan Chez Panisse Foundation (1996). Yayasan ini  bekerjasama dengan Berkeley Unified School District, AS untuk membuat kurikulum sekolah yang terhubung dengan pelayanan makanan sekolah. Salah satu gebrakannya adalah mempertahankan program The Edible Schoolyard Project.

Program ini pertama kali dilakukan pada 1995 di Berkeley’s Martin Luther King, Jr. Middle School, AS. Sekolah ini memiliki 1 hektar kebun organik dan kelas memasak. Semua murid di sekolah ini berpartisipasi menanam, memanen, dan memasak dari hasil kebun organik tersebut. Program ini pun kemudian berkembang menjadi School Lunch Initiative. Yaitu, sebuah program membuat makanan siang yang sehat dan layak konsumsi bagi para siswa sekolah. Ini dilakukan oleh 10,000 siswa di Berkeley Unified School District.

Karena program ini, Waters ditunjuk sebagai penasehat makan siang tingkat nasional. Bahkan ia meminta Presiden AS, Barack Obama membuat kebun organik di Gedung Putih. Ini sebagai contoh perubahan gaya mengkonsumsi makanan warga AS. Permintaan ini disambut oleh Ibu Negara AS, Michelle Obama.

Usaha Alice Waters ini membuat kita jadi ingin mengkonsumsi makanan sehat? Bila penasaran dengan program The Edible Schoolyard Project bisa langsung mengunjungi situs www.edibleschoolyard.org Ada beberapa meteri kurikulum pelajaran sekolah yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Ayu – Foto: Sipa Press




polling

Acara Teve Favorit - 21 November: World Television Day

Acara teve apa yang biasanya kamu tonton?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2018 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.