Survive di Komunitas Baru

by :
Posted : January 15, 2012

Saat bersosialisasi dengan dunia luar, pasti kita pernah punya pengalaman masuk pertama kali ke sebuah komunitas baru. Meskipun sudah sering terjadi, tapi tetap saja ada perasaan was-was dan nggak pede datang mengganggu. Entah itu karena takut nggak bisa beradaptasi atau nggak bisa berteman dengan anggota yang lain. Nah, untuk bisa survive jadi pendatang baru, ada beberapa tip yang patut dicoba saat memasuki sebuah komunitas.

Komunitas 1: Ekskul
Ini adalah komunitas yang pasti akan kita masuki setiap kali menyambut tahun ajaran baru di sekolah. Supaya bisa survive, kita bisa:
  • Mencari dan berkenalan dengan teman senasib. Teman senasib ini adalah anggota yang juga anak baru seperti kita. Meskipun baru kenal, tapi teman senasib ini akan membantu kita melalui tahap-tahap awal yang sulit di ekskul. Memiliki teman juga akan membuat rasa percaya diri kita muncul ke permukaan.
  • Lihat, dengar dan praktekkan. Sebagai anak baru yang belum tahu apa-apa, pasti kita harus banyak belajar dari para senior tentang peraturan dan tata cara bermain di ekskul ini. Jadi, buka mata dan telinga lebar-lebar untuk belajar hal baru sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, kita bisa cepat beradaptasi dan bahkan mungkin saja jadi bintang di ekskul itu.
Komunitas 2: Tempat Les
Selain sekolah, tempat les adalah komunitas yang juga sering kita masuki. Entah itu tempat les untuk pelajaran atau bakat. Supaya bisa survive, kita bisa:
  • Rajin bertanya. Setelah berkenalan dengan teman-teman baru, kita jangan malu-malu untuk rajin bertanya kepada mereka. Kita bisa minta bantuan mereka untuk mengenal lebih jauh tempat les ini. Mulai dari karakter gurunya, peraturannya, peralatan yang harus dibawa, dan sebagainya.  
  • Berkeliling. Tempat les kita pastinya punya beberapa ruangan tertentu yang punya fungsi dan letak berbeda. Makanya kita harus berkeliling untuk mengenal lebih dekat dengan lokasi tempat les kita ini.
Komunitas 3: Lingkungan Rumah
Kita baru saja pindah rumah, nih. Bila di lingkungan rumah lama, kita bagaikan saudara sama tetangga, kini semuanya terlihat asing. Supaya bisa survive, kita bisa:
  • Kunjungi tetangga. Nggak perlu menunggu mereka yang datang untuk menyapa, kitalah yang harus aktif berkeliling untuk berkenalan dengan tetangga kita. Kalau perlu bawakan kue atau buah-buahan sebagai tanda perkenalan.
  • Ikuti kegiatan di lingkungan baru. Jangan ragu untuk ikut berpartisipasi aktif di kegiatan lingkungan baru, seperti panitia acara hari raya atau kemerdekaan. Ini adalah kesempatan kita untuk mengenal lebih banyak lagi tetangga baru kita. Legita – Foto: Istimewa 

Klik juga yang ini:



polling

Jurusan di Sekolah

Kamu Paling Tertarik Untuk Masuk Jurusan Mana di Sekolah?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
Pisces

Pisces

Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
Aries

Aries

Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
Taurus

Taurus

Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
Gemini

Gemini

Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
Cancer

Cancer

Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
Leo

Leo

Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
Virgo

Virgo

Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
Libra

Libra

Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
Scorpio

Scorpio

Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
Sagitarius

Sagitarius

Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
Capricorns

Capricorns

Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!