Lakukan 5 Hal Penting Ini untuk Hidup Sehat

by : Christine Natalia
Posted : January 25, 2017
Tahu nggak, hari ini, 25 Januari 2017 diperingati sebagai Hari Gizi Nasional, lho. Sebagai anak muda yang aktivitasnya segudang, sudahkah kita menjalani lifestyle sehat dan mengonsumsi cukup gizi setiap harinya? Di Twitter, lagi viral nih, hashtag #HariGiziNasional. Ini dia rekomendasi penting untuk kesehatan yang dianjurkan menurut Komunitas Profesional Muda Kesehatan Indonesia (KPMKI).
 
1. Air
Air sangat diperlukan untuk tubuh kita, lho. Jika kekurangan air, kita akan mudah terkena penyakit. Mulai dari dehidrasi sampai penyakit ginjal. Untuk memenuhi kebutuhan gizi yang cukup, kita butuh minum minimal delapan gelas per hari atau setara dua liter air. Meskipun cuaca sedang nggak panas, tetap ingat untuk mengonsumsi air putih, ya.
 
2. Karbohidrat dan Protein
Untuk tubuh sehat, kita membutuhkan karbohidrat sebanyak 45 – 60% dari total kalori yang dibutuhkan per hari. Untuk kebutuhan protein, konsumsilah protein nabati hingga 25% dari total kalori yang kita butuhkan. Total kalori yang dibutuhkan seseorang rata-rata 1.200-2.000 kalori tergantung aktivitas fisik masing-masing.
 
3. Batasi Gula, Natrium, Kolesterol dan Lemak
Nah, untuk konsumsi gula, natrium, kolesterol dan lemak harus dibatasi, supaya nggak terjadi penimbunan lemak yang bikin tubuh jadi nggak sehat. Untuk gula, hanya diizinkan kurang dari 10% dari kalori total. Untuk natrium, maksimal hanya 2.400 mg/hari, kolesterol 300mg/hari dan lemak kurang dari 30% dari total kalori.
 
4. Perbanyak Serat
Supaya tetap sehat (), kita harus rajin mengonsumsi makanan penuh serat, seperti sayuran. Kebutuhan sehat kita minimal 25 gram per hari, lho. Kalau pengin tubuh tetap sehat, rajin makan sayur, ya.
 
5. Rajin Olahraga (www.gadis.co.id/ngobrol/4-tanda-kita-butuh-olahraga)
Terakhir, sesibuk apapun kita, jangan lupa sempatkan waktu untuk berolahraga. Olahraga nggak perlu yang ribet, kok. Ada banyak gerakan olahraga simpel yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya naik turun tangga, squad, sit-up dan masih banyak lainnya. Tapi, sebelum berolahraga, pastikan kamu juga sudah melakukan lima hal ini, ya!
 
Pengin punya paha kencang, lakukan olahraga ini. Editor: Fransiska Soraya - Foto: Dok. Fotosearch
 

polling

Hari Gizi dan Makanan - 25 Januari

Makanan atau minuman sehat apa yang selalu kamu konsumsi?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!