Pilkada DKI Menuju Putaran Kedua

by : Christine Natalia
Posted : February 16, 2017
Tanggal 15 Februari 2017 lalu baru saja diadakan Pilkada DKI untuk menentukan siapa kepala daerah ibukota ini untuk lima tahun ke depan. Hmm, meski hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan diumumkan pada 4 Maret 2017, tapi dari hasil quick count, sepertinya Pilkada DKI akan memasuki putaran kedua.
 
Tahu dong, kenapa Pilkada DKI akhirnya akan dilakukan dua putaran? Hal ini dikarenakan nggak ada pasangan calon gubernur yang berhasil meraih suara diatas 50 persen. Akhirnya, Pilkada harus diadakan untuk kedua kalinya untuk memilih siapa yang akan menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Putaran kedua akan dilaksanakan pada 19 April 2017.
 
Banyak lho, warga yang nggak bisa mencoblos saat Pilkada DKI dilaksanakan kemarin. Nggak sedikit kasus kecurangan yang dikabarkan terjadi dan jadi viral di media sosial. Tapi, kebanyakan warga yang nggak bisa mencoblos dikarenakan minimnya pengetahuan mereka tentang syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mencoblos. Nah, biar nggak salah lagi, ini lho, prosedur yang harus dilakukan supaya seseorang bisa mencoblos saat Pilkada putaran kedua nanti.
 
1. Cek nama kita, apa sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Bisa cek secara online di  www.pilkada2017.kpu.go.id. Ketik Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP kita. Cara kedua, kita bisa cek ke kantor kelurahan daerah tempat tinggal kita.
 
2. Kalau nama kita sudah terdaftar di DPT, pastikan kita sudah menerima formulir C-6. Seperti surat pemberitahuan bahwa kita dapat mencoblos. Jangan lupa datang tepat waktu, ya! Nomor TPS dan jadwal sudah ditulis di formulir C-6 tersebut.
 
3. Kalau nama nggak terdaftar, kita tetap bisa memilih dengan membawa e-KTP dan Kartu Keluarga asli. Tapi, kita cuma bisa mencoblos di TPS yang sesuai dengan alamat tinggal KTP, ya! Menurut jadwal, bagi yang namanya nggak terdaftar, hanya bisa mencoblos dari pukul 12.00-13.00 WIB.
 
4. Nah, kalau kita sudah terdaftar di DPT namun harus menggunakan hak pilih di daerah lain, kita harus punya formulir A5. Misalnya, kita yang sekolah atau kuliah di luar kota. Formulir surat keterangan pindah ini harus diurus di kantor KPU kabupaten atau kota paling lambat H-3.
 
Tapi, karena waktu yang ditentukan sampai pemungutan suara putaran kedua masih beberapa bulan mendatang, kita masih punya waktu untuk memastikan bahwa kita terdaftar di DPT. Langsung tanyakan saja ke ketua RT setempat. Kalau kamu belum punya hak pilih (masih di bawah 17 tahun), jangan lupa bagikan informasi ini ke orangtua, kakak, om, tante dan tetangga kamu, ya! Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.kpujakarta.go.id
 

polling

Kain Khas Indonesia

Jenis kain khas Indonesia apa yang sering kamu pakai?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
Pisces

Pisces

Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
Aries

Aries

Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
Taurus

Taurus

Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
Gemini

Gemini

Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
Cancer

Cancer

Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
Leo

Leo

Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
Virgo

Virgo

Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
Libra

Libra

Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
Scorpio

Scorpio

Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
Sagitarius

Sagitarius

Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
Capricorns

Capricorns

Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!