Amanda Kosim, Pemenang L'Oréal Girls in Science 2016

by : Christine Natalia
Posted : August 12, 2016
Setelah dua belas kali diadakan, pemenang L'Oréal Girls in Science tahun 2016 adalah tim dari SMAK 3 Penabur Jakarta. Yuk, kenalan sama salah satu pemenangnya, Amanda Kosim.
 
“Tema kompetisi L'Oréal Girls in Science tahun ini Think Outside the Trash Bin. Jadi, kami harus mencari ide cara menanggulangi sampah. Nah, muncul ide untuk mengolah kertas bekas jadi media tanam. Soalnya, lebih efektif buat diterapkan di sekolah. Apalagi, penggunaan kertas di sekolah banyak banget. Pas membersihkan kantor guru saja, kami bisa bawa satu kardus penuh kertas,” kata cewek kelahiran 12 Oktober 2000 ini menjelaskan ide proyek mereka.
 
Bermula dari ide tersebut, kelompok mereka terpilih menjadi pemenang di antara 50 SMA se-Indonesia yang juga ikutan kompetisi ini. Padahal, cewek yang hobi main bulutangkis ini pesimis bisa menang, lho. “Soalnya, kami kirim essay-nya last minute. Terus, bikin video presentasinya juga pas UAS. Jadi, takut nggak maksimal. Makanya, pas tahu menang, kaget banget sampai nangis terharu!”
 
Cewek kelas 2 SMA ini memang penyuka dunia sains sejak kecil. “Menurut aku, sains itu menarik banget! Banyak yang belum kita ketahui meski sudah banyak penemuan.” Nggak heran, cewek yang akrab dipanggil Amanda ini sering mengikuti kompetisi sains, seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Biologi tahun 2013 dan OSN Astronomi tahun 2015. Bahkan, cewek yang juga hobi membaca ini pernah meraih juara pertama di lomba UI Biofest pada tahun 2014. Hebat!
 
Fun Facts:
Amanda pengin kuliah di luar negeri dan ambil jurusan Bio Engineering.
- Selain Bio Engineering, Amanda juga tertarik dengan jurusan Computer Science bagian Programming.
- Cita-citanya pengin bikin alat untuk Departemen Kesehatan yang berguna bagi banyak orang.
- Meski banyak kegiatan, Amanda selalu meluangkan waktu buat main computer games.
- Yuk, intip keseharian Amanda Kosim di Instagram-nya amandakosim.1210
 
Pernah melakukan aksi inspiratif seperti Amanda? Klik di sini dan ceritakan aksi kamu. Psst, untuk aksi yang paling keren dan inspiratif akan ditampilkan di website GADIS. Editor: Dian Nurlizta - Christine Natalia. Foto: Christine Natalia

polling

Saat Resolusi Tahun Baru Gagal

Apa yang kamu lakukan kalau resolusi Tahun Baru kamu gagal tercapai?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Kritik tajam dari orang lain bikin kamu sakit hati, tapi ini saatnya buat evaluasi diri.
Pisces

Pisces

Bakal ada perdebatan sama orang terdekat, nih.
Aries

Aries

Akhirnya akan dapat kejelasan dari si dia.
Taurus

Taurus

Belum ada tambahan. Tahan belanja sampai pertengahan bulan.
Gemini

Gemini

Super sibuk sampai nggak bisa ketemu. Jangan lupa saling mengabari.
Cancer

Cancer

Cobalah untuk nggak memancing keributan. Lebih toleran lagi, deh.
Leo

Leo

Dapat kritik tajam dari pacar. Katanya, kamu over protective.
Virgo

Virgo

Don’t try too hard. Kamu belum siap dengan hubungan baru.
Libra

Libra

Hati-hati memilih teman curhat. Jangan biarkan banyak orang tahu masalah pribadimu.
Scorpio

Scorpio

Agak tersendat. Menunggu kiriman dengan sabar, ya.
Sagitarius

Sagitarius

Apa sih, yang sedang kamu pikirkan Sagitarius? Jangan kebanyakan bengong.
Capricorns

Capricorns

Wah, bulan ini Capricorn punya banyak energi untuk melakukan banyak hal!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!