Siswi SMA Lazuardi Jadi Pembicara Ted Ed di New York

by : Mariana Politton
Posted : November 19, 2017
Aktif di platform YouTube, kita tentu nggak asing dengan akun dari non-profit organization TED yang bergerak membangun anak-anak muda untuk berani menyuarakan aspirasi dan ide mereka. Serunya, seorang siswi Indonesia dari SMA Lazuardi GIS berhasil terpilih menjadi salah satu pembicara di sana!
 
Namanya adalah Darlene Gitta Hamida, seorang siswi SMA Lazuardi yang telah banyak mencetak prestasi selama menimba ilmu di sekolah tersebut. Dari situ, cewek dengan nama depan Darlene ini pun mengikuti satu program positif yang dimiliki TED, yaitu TED-Ed Clubs.
 
Melalui program ini, Darlene mendapat pelatihan khusus untuk menguasai cara berpikir kritis serta bagaimana menuangkan ide tersebut dalam suatu tulisan yang baik.

Nggak terkecuali, Darlene juga diajarkan caranya membangun kemampuan independen untuk bicara di depan umum, dimana ia sukses mengaplikasikannya dalam sebuah sesi TEDTalk.
 
Seperti yang diungkapkannya, “Tahun lalu, aku telah melakukan TEDTalk di depan beberapa guru, orang tua murid, serta pemimpin sekolah. Aku berbicara tentang apa makna dari pahlawan sejati.

Intinya, untuk menjadi seorang pahlawan, kita nggak perlu berbuat sesuatu yang sangat besar. Sebaliknya, mulai dari menjadi seorang yang baik, ramah, sopan dan saling membantu satu sama lain.”
 
Dan benar saja! Topik yang diangkatnya nggak cuma membuat sekolah bangga dengan pemikirannya yang cerdas, tapi juga berhasil menarik perhatian TED bagian pusat di Amerika Serikat.

Yup, Darlene diundang secara resmi oleh TED untuk menyampaikan topik tersebut di acara TED-Ed Weekened yang berlokasi di New York, Amerika Serikat.
 
Rasanya tentu sangat menyenangkan, sebagaimana yang diungkapkan oleh Darlene sendiri. Katanya, “Siapa sangka berbicara tentang hal yang sering dianggap lumrah oleh orang-orang bisa membawaku terbang ke New York?”

Psst, Gitta menjadi satu-satunya orang berkebangsaan Indonesia dari 10 orang mancanegara yang diundang TED, lho!
 
Bersama mereka, Darlene menjalani pelatihan lewat video call terlebih dahulu, yang telah diatur oleh TED Team. Setelah itu, terbang ke kota metropolitan di negeri Paman Sam, Darlene pun diarahkan untuk mengikuti rangkaian acara bermanfaat dari TED hingga akhirnya tiba waktunya ia untuk melakukan public speaking di acara TED-Ed Weekend.
 
“Panik, cemas, semua hal aku rasakan saat aku menaiki panggung TED-Ed Weekend. Tapi, saat aku melihat para penonton, aku memfokuskan diriku bahwa aku di sini untuk satu tujuan, yaitu membagikan ideku dan apa yang aku percayai,” cerita Darlene dalam nostalgianya terhadap momen saat ia berdiri di panggung TED-Ed Weekend.
 
Hasilnya, semuanya berjalan dengan lancar. Darlene mengaku sangat puas dengan performanya menyampaikan pemikirannya mengenai arti seorang pahlawan sejati yang diharapkannya bisa membentuk pola pikir dan karakter para penonton yang mendengar pembicaraannya tersebut.
 
Akhir kata, Darlene mengungkapkan, “Ini adalah sebuah momen berharga serta sebuah pelajaran penting bagi saya. Bahwa dunia ini sangat luas, penuh dengan cerita-cerita menarik untuk diketahui.

Jadi, kita harus belajar untuk menerima dan menghargai pendapat orang lain, karena kita hidup berdampingan walaupun kita berbeda-beda.”
 
Editor: Leoni Sihombing - Foto: Dok. SMA Lazuardi GIS
 
Baca juga:
Bulan Bahasa SMA Lazuardi GIS 2017 Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa
SMA Lazuardi Ajak Para Siswa Home Stay di Desa
Bersama Adi M.S, SMAN 3 Memerangi Bullying

 

Topic

#AksiKamu

polling

Hari Gizi dan Makanan - 25 Januari

Makanan atau minuman sehat apa yang selalu kamu konsumsi?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!