Hutan Mangrove Indonesia

by :

Seperlima hutan bakau di Indonesia telah hilang, nih. Padahal indonesia merupakan Negara yang memiliki hutan bakau terluas di dunia lho. Hutan yang tumbuh di atas suatu daerah pasang surut ini (pantai, laguna, muara sungai) memiliki fungsi utama untuk menahan abrasi dan tsunami. Tapi  mirisnya, sejak tahun 1980, hutan mangrove kita sedikit demi sedikit mulai terkikis.

Jumlah hutan mangrove di Indonesia tadinya mencapai 7,76 juta hektar. Letak hutan mangrove di Indonesia menyebar disekitar  Dangkalan Sunda dan sebelah timur Indonesia (Dangkalan Sahul). Meskipun begitu, dari jumlah total yang ada, sedikitnya 3,25 hektar dalam kondisinya kritis dan perlu diperhatikan keberadaanya.

Hal ini bisa terjadi karena akibat penyalahgunaan zona pantai secara berlebihan menjadi tempat hunian. Padahal dengan adanya hutan bakau itu sangat berpotensi untuk mencegah erosi, dan berpotensi sebagai kawasan wisata.

Bukan hanya itu, keberadaan hutan mangrove juga merupakan habitat bagi satwa liar yang terancam punah seperti, harimau Sumatra, bekantan, bangau tongtong dan migrasi burung-burung. 

Karena banyaknya fungsi hutan mangrove tersebut, maka ada baiknya sebagai Negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia, kita perlu mendukung penggalangkan gerakan rehabilitasi hutan bakau seperti yang dilakukan di Kepulauan Seribu supaya kritis hutan mangrove kita dapat teratasi. Mauito- Foto: Istimewa


Klik juga yang ini:

polling

Playlist Lagu Kamu

Yang manakah yang lebih banyak ada di playlist lagu kamu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Mending cari tahu dulu, apa yang dia suka dan nggak suka. Supaya kamu nggak salah langkah saat pedekate sama dia.
Pisces

Pisces

Jangan membuatnya ilfil dengan gaya pedekate yang terpaksa kamu lakukan. Sikap apa adanya tanpa dibuat-buat akan lebih menarik hatinya.
Aries

Aries

Cemburu boleh saja tapi jangan tanpa alasan, dong. Lama-lama dia bisa merasa terkekang, lho.
Taurus

Taurus

Tunda dulu keinginan untuk berbelanja.
Gemini

Gemini

Bertemu beberapa teman baru membuatmu mulai melupakan kegagalan cinta yang lalu.
Cancer

Cancer

Beli sesuai kebutuhan kamu
Leo

Leo

Sabar ya. Kadang mengalah lebih baik daripada terus ngotot dengan pendapat kamu sendiri.
Virgo

Virgo

Pikirkan baik-baik dan jangan goyah lagi. Kalau kamu selalu ragu-ragu, orang lain bisa memanfaatkan situasi ini untuk keuntungannya.
Libra

Libra

Ada tambahan uang saku. Cukup deh buat minggu ini!
Scorpio

Scorpio

Nggak perlu iri atau berpikir negatif. Lebih baik jadikan keberhasilan teman sebagai motivasi kamu untuk bisa seperti dia.
Sagitarius

Sagitarius

Cowok yang naksir, kamu anggap angin lalu. Sepertinya kamu terlalu asyik dengan kesendirian kamu.
Capricorns

Capricorns

Asyik, ada rejeki menghampiri!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!