Manfaat Si Pohon Trembesi

by :
Posted : November 1, 2012

Sering merhatiin nggak sih, kalau di sepanjang jalan kini banyak ditanam pohon trembesi. Nggak cuma di jalan raya, di Istana Negara juga ada dua batang pohon trembesi yang ditanam sendiri oleh mantan presiden pertama, Soekarno. Saking pentingnya, pemerintah juga menggalakkan penanaman pohon trembesi di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka one man one tree. Memang apa sih, manfaat pohon trembesi?

Peneduh

Pohon yang punya nama latin Albizia saman ini bisa hidup sampai ratusan tahun, lho. Trembesi juga dapat tumbuh hingga mencapai 35 meter. Bentuknya yang berkanopi seperti payung kerap menjadi peneduh di halaman sebuah bangunan. Nggak heran kan, kalau kita lagi kunjungan wisata ke Istana Negara, suasananya begitu teduh dan asri.

Penyerap Karbon Dioksida
Trembesi mampu menyerap karbon dioksida lebih besar dibandingkan pohon lain. Menurut penelitian Endes N. Dahlan, Dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, satu batang pohon trembesi mampu menyerap 28,5 ton karbondioksida setiap tahunnya. Penyerapan ini bahkan lebih banyak dari dua kali lipat dari bambu yang menyerap karbondioksida 12 ton per tahun. Apalagi, dibandingkan beringin yang “hanya” menyerap 500 kg karbondioksida per tahunnya. Pantas saja, pohon trembesi banyak ditanam di sepanjang jalan raya. Biar bisa langsung menyedot emisi karbondioksida dari kendaraan bermotor, tuh.

Obat Herbal
Biji trembesi berbentuk seperti kuaci. Selain bisa dijadikan snack, ternyata biji trembesi bisa menjadi obat pencuci perut. Caranya, cukup seduh biji trembesi dengan air panas sampai larut, lalu diminum saat hangat. Selain itu, ekstrak daunnya juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan mikrobakterium Tuberculosis, bakteri yang menyebabkan penyakit TBC. Lizta - Foto: Fotosearch

polling

Food Update

Info soal makanan yang lagi nge-hits biasanya kamu dapatkan dari...

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Blind date yang dibikin sahabat berhasil bikin deg-degan. Cieee…
Pisces

Pisces

Tuntutan dari mama dan papa soal pendidikan mulai bikin stres. Tapi, mau nggak mau, harus dihadapi dalam waktu dekat. Makanya, segeralah mengambil keputusan dan kasih tahu pilihanmu.
Aries

Aries

Akan dapat bonus dari prestasi yang dibuat. Asyik!
Taurus

Taurus

Dear Taurus, kamu bisa mulai mengejar ketertinggalan materi pelajaran. Apalagi, sudah banyak teman yang semangatnya menurun karena bosan. Yuk, manfaatkan kesempatan ini.
Gemini

Gemini

Mau mengkritik pacar? Cari waktu yang tepat untuk minimalkan ribut.
Cancer

Cancer

Untungnya minggu ini Cancer bakal sering ada di rumah. Manfaatkan waktu buat istirahat dan quality time sama keluarga.
Leo

Leo

Perlu menyisihkan uang untuk beramal. Nggak akan bikin uangmu habis, kok.
Virgo

Virgo

Mulailah hati-hati memilih partner curhat. Teman hang out yang menyenangkan belum tentu jadi teman curhat yang baik.
Libra

Libra

Ada tugas yang lebih menantang, orang yang sulit diajak kerjasama dan deadline yang ketat. Semangat terus, ya!
Scorpio

Scorpio

Kamu mulai gerah sama pacar. Kalian mulai saling melihat ketidakcocokkan satu sama lain. Gawat!
Sagitarius

Sagitarius

Jangan memaksa mengerjakan semuanya sendirian. Semua ada bagiannya masing-masing. Nanti dianggap nggak percaya sama teman.
Capricorns

Capricorns

Rawan putus. Perasaan kalian berdua sedang diuji.
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!

SERU