Marine Iguana

by : Ayu
Posted : January 4, 2017
Percaya nggak kalau Godzila benar-benar ada? Kayaknya, kita harus mulai percaya, nih. Soalnya, GADIS punya informasi soal hewan laut yang mirip dengan tokoh monster raksasa tersebut. Bedanya, hewan ini seukuran manusia dewasa. Kenalan yuk, sama Marine Iguana!

 Ingat nggak pada tahun 2000-an awal, banyak orang yang memelihara Iguana di rumahnya. Padahal, hewan ini harusnya hidup bebas di alam.  Awalnya sih, Iguana terlihat kecil dan menggemaskan. Tapi ketika dewasa, tubuhnya bisa sebesar komodo. Jadi mengerikan, kan! Bahkan, untuk Marine Iguana tubuhnya bisa berkembang hingga sepanjang 2 meter.
 
Marine Iguana hidup di dekat Kepulauan Galapagos, Samudera Pasifik. Habitat alaminya adalah pantai yang memiliki banyak batu karang. Iguana jenis ini bisa hidup di dua dunia, air dan daratan. Makanya, jangan heran kalau kita bisa melihatnya berenang bebas di dasar Lautan Pasifik. Marine Iguana juga bisa berenang sedalam 9 meter di bawah laut. Reptil ini berenang cepat dengan menggunakan ekornya yang kuat. FYI, kita juga bisa menemukan Marine Iguana di daerah rawa dan hutan mangrove.
 
Kalau dilihat fisiknya, Marine Iguana menyeramkan dan terlihat ganas. Bahkan, ilmuwan Asal Inggris, Charles Darwin menggambarkan hewan ini sebagai kadal paling buruk rupa dan menjijikan di dunia. Dia adalah orang yang pertama meneliti soal Marine Iguana. Hewan laut ini punya mata yang lebar, sisik dorsal runcing dan rumit, serta bentuk kepala yang tidak rata. Cenderung membentuk sejumlah tonjolan. Ditambah lagi kulit yang keras dan punya cakar yang tajam. Pastinya, kita bisa kabur ketika melihatnya.
 
Walau terkesan menyeramkan, Marine Iguana nggak memakan daging, lho. Diam-diam binatang ini termasuk hewan herbivora. Jenis reptil ini biasanya memakan rumput laut, ganggang laut dan alga laut yang bisa ditemukan di dasar laut. Sedihnya, Marine Iguana selalu menjadi sasaran hewan predator. Biasanya sih, reptil ini melindungi diri dengan mencolok ekor dan menggigit predator yang membahayakannya.
 
Marine Iguana juga punya keunikan. Hewan ini bisa mengubah warna tubuhnya. Untuk Marine Iguana jantan, warna kulitnya tergantung dengan musim yang sedang berlangsung. Saat musim kawin, Marine Iguana jantan yang sudah dewasa berwarna hijau atau cokelat kemerahan. Katanya sih, ini untuk menarik perhatian para betina. Ternyata, Marine Iguana manis juga, ya. Makanya, jangan menilai hewan dari bentuknya. Biarpun seram, Marine Iguana menggemaskan, kok. Editor: Putriyantini - Foto: www.galapagosconservation.org.uk
 

polling

Kain Khas Indonesia

Jenis kain khas Indonesia apa yang sering kamu pakai?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
Pisces

Pisces

Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
Aries

Aries

Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
Taurus

Taurus

Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
Gemini

Gemini

Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
Cancer

Cancer

Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
Leo

Leo

Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
Virgo

Virgo

Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
Libra

Libra

Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
Scorpio

Scorpio

Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
Sagitarius

Sagitarius

Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
Capricorns

Capricorns

Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!