Marine Iguana

by : Ayu
Posted : January 4, 2017
Percaya nggak kalau Godzila benar-benar ada? Kayaknya, kita harus mulai percaya, nih. Soalnya, GADIS punya informasi soal hewan laut yang mirip dengan tokoh monster raksasa tersebut. Bedanya, hewan ini seukuran manusia dewasa. Kenalan yuk, sama Marine Iguana!

 Ingat nggak pada tahun 2000-an awal, banyak orang yang memelihara Iguana di rumahnya. Padahal, hewan ini harusnya hidup bebas di alam.  Awalnya sih, Iguana terlihat kecil dan menggemaskan. Tapi ketika dewasa, tubuhnya bisa sebesar komodo. Jadi mengerikan, kan! Bahkan, untuk Marine Iguana tubuhnya bisa berkembang hingga sepanjang 2 meter.
 
Marine Iguana hidup di dekat Kepulauan Galapagos, Samudera Pasifik. Habitat alaminya adalah pantai yang memiliki banyak batu karang. Iguana jenis ini bisa hidup di dua dunia, air dan daratan. Makanya, jangan heran kalau kita bisa melihatnya berenang bebas di dasar Lautan Pasifik. Marine Iguana juga bisa berenang sedalam 9 meter di bawah laut. Reptil ini berenang cepat dengan menggunakan ekornya yang kuat. FYI, kita juga bisa menemukan Marine Iguana di daerah rawa dan hutan mangrove.
 
Kalau dilihat fisiknya, Marine Iguana menyeramkan dan terlihat ganas. Bahkan, ilmuwan Asal Inggris, Charles Darwin menggambarkan hewan ini sebagai kadal paling buruk rupa dan menjijikan di dunia. Dia adalah orang yang pertama meneliti soal Marine Iguana. Hewan laut ini punya mata yang lebar, sisik dorsal runcing dan rumit, serta bentuk kepala yang tidak rata. Cenderung membentuk sejumlah tonjolan. Ditambah lagi kulit yang keras dan punya cakar yang tajam. Pastinya, kita bisa kabur ketika melihatnya.
 
Walau terkesan menyeramkan, Marine Iguana nggak memakan daging, lho. Diam-diam binatang ini termasuk hewan herbivora. Jenis reptil ini biasanya memakan rumput laut, ganggang laut dan alga laut yang bisa ditemukan di dasar laut. Sedihnya, Marine Iguana selalu menjadi sasaran hewan predator. Biasanya sih, reptil ini melindungi diri dengan mencolok ekor dan menggigit predator yang membahayakannya.
 
Marine Iguana juga punya keunikan. Hewan ini bisa mengubah warna tubuhnya. Untuk Marine Iguana jantan, warna kulitnya tergantung dengan musim yang sedang berlangsung. Saat musim kawin, Marine Iguana jantan yang sudah dewasa berwarna hijau atau cokelat kemerahan. Katanya sih, ini untuk menarik perhatian para betina. Ternyata, Marine Iguana manis juga, ya. Makanya, jangan menilai hewan dari bentuknya. Biarpun seram, Marine Iguana menggemaskan, kok. Editor: Putriyantini - Foto: www.galapagosconservation.org.uk
 

polling

Saat Resolusi Tahun Baru Gagal

Apa yang kamu lakukan kalau resolusi Tahun Baru kamu gagal tercapai?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Kritik tajam dari orang lain bikin kamu sakit hati, tapi ini saatnya buat evaluasi diri.
Pisces

Pisces

Bakal ada perdebatan sama orang terdekat, nih.
Aries

Aries

Akhirnya akan dapat kejelasan dari si dia.
Taurus

Taurus

Belum ada tambahan. Tahan belanja sampai pertengahan bulan.
Gemini

Gemini

Super sibuk sampai nggak bisa ketemu. Jangan lupa saling mengabari.
Cancer

Cancer

Cobalah untuk nggak memancing keributan. Lebih toleran lagi, deh.
Leo

Leo

Dapat kritik tajam dari pacar. Katanya, kamu over protective.
Virgo

Virgo

Don’t try too hard. Kamu belum siap dengan hubungan baru.
Libra

Libra

Hati-hati memilih teman curhat. Jangan biarkan banyak orang tahu masalah pribadimu.
Scorpio

Scorpio

Agak tersendat. Menunggu kiriman dengan sabar, ya.
Sagitarius

Sagitarius

Apa sih, yang sedang kamu pikirkan Sagitarius? Jangan kebanyakan bengong.
Capricorns

Capricorns

Wah, bulan ini Capricorn punya banyak energi untuk melakukan banyak hal!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!

SERU