Tibetan Mastiff

by :
Posted : November 28, 2013

Bentuknya yang besar nggak melindungi jenis anjing yang satu ini dari ancaman kelangkaan. Seperti anjing asal Tibet, Tibetan Mastiff, yang kini jumlahnya semakin berkurang.

Tibetan Mastiff adalah salah satu spesies anjing yang hidup di Asia Tengah. Anjing yang juga memiliki nama lain Do-Khyi ini merupakan salah satu anjing ras Asia terbesar, lho. Berdasarkan sejarahnya, anjing ini merupakan salah satu turunan yang mirip serigala sekitar 58.000 tahun yang lalu. Kepemilikan ras ini secara umum mulai terjadi di abad ke-19. Pada saat itu, King George IV memiliki sepasang Tibetan Mastiff. Di tahun 1906, ras ini mulai dipertontonkan. Namun, sayang ras ini menjadi tak terawat, bahkan hampir punah ketika terjadinya perang dunia.

Sebagai anjing besar, Tibetan Mastiff tidak diimbangi dengan daya tahan tubuh yang kuat. Sebaliknya, anjing yang dijuluki sebagai door guard ini justru rentan sakit, seperti demodex (penyakit kutu microscopic/tak terlihat), alergi hingga epilepsi. Daya tahannya yang rendah juga menjadi salah satu alasan kelangkaan anjing yang memiliki usia rata-rata 10 hingga 14 tahun ini.

Setelah tahun 1980-an, anjing yang dulunya merupakan anjing penjaga kuil di Tibet ini semakin populer hampir di seluruh dunia. Bahkan, ras ini juga diikutkan dalam berbagai dog show competition meskipun jumlah mereka juga tidak banyak. Sebagai anjing yang tergolong langka, Tibetan Mastiff tetap berusaha dikembangbiakkan. Hasilnya, hingga kini anjing ini masih ada walaupun tergolong langka dan diduga memiliki darah keturunan yang berbeda dengan Tibetan Mastiff di tahun 1980.

Kelangkaan anjing ini membuat adanya organisasi-organisasi yang berusaha menyelamatkan keberadaan Tibetan Mastiff, salah satunya adalah Tibetan Mastiff Rescue, Inc. asal Amerika Serikat yang didirikan tahun 2003. Organisasi ini bertujuan untuk mengajak banyak orang menyelamatkan anjing ras besar ini dari kepunahan. Kelangkaan ini lah yang membuat anjing ini sangat mahal, bahkan seekor Tibetan Mastiff berwarna merah mencapai harga 10.000.000 Yuan atau sekitar Rp20 miliar di tahun 2011. Shilla Dipo – Foto: ngm.nationalgeographic.com
   
   

polling

Perploncoan Setelah MOS

Setelah melewati masa MOS (Masa Orientasi Sekolah), apakah masih ada tradisi perploncoan di sekolahmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Mulai kewalahan dan pengin meminta bantuan. Tahan! Coba lakukan sendiri dulu, jangan bergantung ke orang lain.
Pisces

Pisces

Ada cowok lucu di tempat olahraga. Ciee…
Aries

Aries

Harus lebih santai menghadapi pacar yang uring-uringan.
Taurus

Taurus

Sudah yuk, move on saja dari si dia.
Gemini

Gemini

Tebar pesona mulu, nih. Pacar bete, tuh. Hihihi…
Cancer

Cancer

Sabar Cancer! Jangan mengambil keputusan merugikan atas nama teman-teman sekelas.
Leo

Leo

Tergoda official goods idola. Uang jajan rawan habis.
Virgo

Virgo

Ups, tersendat! Harus pintar mengatur pengeluaran.
Libra

Libra

Jangan galak-galak sama teman sekelas, dong.
Scorpio

Scorpio

Jangan membandingkan pacar dengan prince charming di drama Korea.
Sagitarius

Sagitarius

Bakal muncul saingan-saingan baru yang mencoba menggesermu dari posisi peringkat saat ini.
Capricorns

Capricorns

Hayo, kok, masih boros, sih?
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!

GAUL