Manfaat Kismis

by :
Posted : August 14, 2010

Nggak banyak orang yang tahu kalau sejenis manisan dari buah anggur yang dikeringkan ini punya banyak banget manfaatnya buat tubuh kita.

Ternyata nggak sulit kok mencari cemilan yang enak tapi juga sehat. Beli saja sekotak kismis di minimarket dekat rumah. Harganya nggak mahal, tapi bisa memberikan sederet manfaat buat kita. Antara lain:

  • Membersihkan usus: Serat pangan pada kismis dapat mengikat asam empedu dan membuangnya keluar tubuh melalui proses buang air besar. Kismis juga mengandung inulin (karbohidrat berserat) yang membantu mendorong pertumbuhan mikroflora baik dan menekan pertumbuhan mikroflora jahat.
  • Mengurangi risiko tumor: Catechin (salah satu jenis fenolik yang bersifat sebagai antioksidan) pada kismis dapat mengurangi terbentuknya tumor hingga 70%. Antioksidan ini juga penting untuk melindungi kolestrol dan lemak darah dari prosesoksidasi.
  • Menyehatkan gigi: Kismis mengandung senyawa antioksidan alami yang berupa oleanolic acid, oleanolic aldehyde, betulin, betulinic acid dan 5 (hydroxymethyl)-2-furfural yang ternyata ampuh untuk melawan bakteri penyebab kerusakan gigi dan gusi.
Menambahkan taburan kismis pada hidangan atau cemilan berbuka puasa? Boleh banget, tuh!

(Lucia Leaf - Foto: Istimewa)

polling

Berjualan di Sekolah

Kamu malu nggak sih kalau berjualan di sekolah?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Kalau nggak suka sama perlakuan pacar, bilang saja.
Pisces

Pisces

Gawat, pacar salah paham. Ayo segera selesaikan.
Aries

Aries

Ada sedikit pemasukan tambahan. Untunglah.
Taurus

Taurus

Listen to your heart. Kamu yang paling tahu soal perasaanmu.
Gemini

Gemini

Nggak perlu memaksakan diri. Kalau sudah nggak cocok, bilang saja baik-baik.
Cancer

Cancer

Masih belum baikan. Suasananya nggak enak banget.
Leo

Leo

Jangan malas mengabari pacar. Dia menunggu kabar darimu, lho!
Virgo

Virgo

Hubungan jadi menggantung. Harus ada yang mau ngomong duluan.
Libra

Libra

Pacar nggak membalas chat-mu bukan berarti dia nggak sayang kamu lagi, kok.
Scorpio

Scorpio

Psst, teman-teman mulai menganggap kamu demanding, nih.
Sagitarius

Sagitarius

Chill out, Sagitarius. Tekanan dari sana-sini memang bikin stres.
Capricorns

Capricorns

Tahan godaan, Capricorn. Ingat jatah uang jajan kamu berbeda dengan teman segeng.
 
Next >   

More