Merak, Si Burung Cantik


Merak, Si Burung Cantik Gadis

Hewan yang memiliki sayap berwarna cerah ini, memang terkenal sebagai hewan yang cantik dan anggun. Makanya, banyak kepercayaan menganggap merak sebagai simbol kecantikan, kesetiaan, keabadian dan juga perdamaian. Tapi, ada beberapa hal yang nggak kalah istimewa dari burung nasional negara India ini. Seperti fakta-fakta berikut.
  • Habitat burung merak ada di hutan dan hutan hujan yang banyak ditemukan di daerah India, Pakistan, Sri Lanka, Asia Tenggara dan Afrika Tengah. Merak suka sekali memakan biji-bijian, buah berry, daun, bagian bunga, serangga serta makhluk kecil.
  • Burung merak hidup berkelompok dan membentuk keluarga. Mereka tinggal di atas pohon saat malam hari. Dan di siang hari, mereka lebih suka berjalan-jalan di tanah dan bertengger di atas dahan pohon yang gundul.
  • Sayap yang indah pada merak ternyata hanya dimiliki oleh merak jantan, bukan betina. Pasalnya, sayap indah ini digunakan oleh merak jantan untuk menarik perhatian sang betina. Sementara itu, sang betina nggak punya bulu ekor yang panjang supaya bisa bersembunyi dan bertelur dengan aman di balik semak-semak.
  • Karena kecantikannya, burung merak menjadi sasaran perburuan manusia. Akibatnya, populasinya terus menurun dan bila dibiarkan bisa mengakibatkan kepunahan. Selain untuk diambil bulunya, burung merak juga diburu untuk diambil dagingnya. Daging merak dipercaya sebagai obat yang bisa menyembuhkan radang sendi. Muthia – Foto: SIPA Press



 
 
  
  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
 


200 Karakter
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan namamu.
 
Kado dari Pacar
Kamu paling suka dikasih kado apa dari pacar?

gadget
baju
bunga dan cokelat
tiket konser idola


26-28 November: FILMARES di JIExpo Kemayoran, Jakarta 28 Nov 2014
26-28 November: FILMARES di JIExpo Kemayoran, Jakarta
Festival Sastra Bulan Bahasa 2014 di Fakultas Ilmu Budaya dan Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya 29 Nov 2014
Festival Sastra Bulan Bahasa 2014 di Fakultas Ilmu Budaya dan Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya