9 Buah Asli Indonesia


9 Buah Asli Indonesia Gadis
Ini nih, makanan sehat yang rasanya segar, bergizi tinggi, asyik di jus, dan menjadi dessert wajib kita: buah-buahan. Psst…buah-buahan ini asli Indonesia dan sudah go international, lho!

1. Durian. Banyak yang nggak tahu kalau buah berduri yang dijuluki King of Fruit ini berasal dari Indonesia. Yup, durian yang khas dengan wangi menyengat ini ditemukan di Sumatra dan Kalimantan. Kelezatan rasanya, membuat negara lain berlomba-lomba membudidayakannya. Sekarang, ada ratusan varian durian tersebar di seluruh dunia, termasuk di Thailand yang berhasil mengembangkan 300 varian durian. Wow!

2. Manggis. Kalau durian adalah “raja buah”, maka pendampingnya adalah “ratu buah” yaitu manggis. Buah yang awalnya ditemukan di daerah Kalimantan dan Sunda ini rasanya asam-manis yang sangat segar. Konon, hal tersebut sampai membuat Ratu Victoria dari Inggris tergila-gila. Selain itu, buah keunguan ini juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang bagus buat tubuh kita.

3. Kedondong, buah dengan biji berduri ini berasal dari belahan timur Indonesia. Di dunia internasional, buah dengan kedahsyatan rasa masamnya disebut dengan nama Ambarella. Pada awal abad 20, kedondong diperkenalkan ke mancanegara, mulai dari Australia sampai Jamaica. Bahkan, kedondong sempat ditanam juga di Florida, tapi kelihatannya orang Amrik belum ngeh dengan buah rujak ini.   

4. Jambu air dihasilkan dari pepohonan tropis Indonesia. Bunganya berwarna putih, sedangkan buahnya yang berbentuk mirip bel punya variasi warna keputihan, merah dan hijau, tergantung pada jenisnya. Biasanya, jambu berwarna merah memilki rasa paling manis. Jambu air dikenal mancanegara dengan nama Java Apple. Di beberapa negara, jambu dibuat menjadi buah untuk salad.

5. Belimbing atau Carambola asli berasal dari Maluku. Awalnya, buah ini menjadi favorit di Asia, lalu kemudian dikenal hingga Amerika, khususnya di Florida. Buah ini dijuluki Starfruit karena jika dibelah, bentuknya mirip seperti bintang. Orang barat menyebut rasa belimbing sebagai penggabungan pepaya, jeruk, dan anggur.

6. Pisang adalah buah asli Indonesia, lho. Buah yang sekarang diolah jadi macam-macam dessert, seperti banana split, banana cake, atau banana pudding ini mulai dibawa ke Eropa pada abad 10. Sekarang Amerika Latin-lah yang jadi produsen terbesar, karena menguasai 65% produksi pisang dunia. Ckckck.... Ssttt, buah ini juga dipercaya oleh para selebriti, seperti Paris Hilton untuk menambah energi, lho.

7. Rambutan, karena kulitnya seperti ditumbuhi rambut, maka buah asli Indonesia ini dikenal dengan nama rambutan. Pada tahun 1906, Indonesia pernah mengekspor biji rambutan ke Amerika Serikat. Tapi sayang, rambutan nggak bisa hidup di sana. Sekarang beberapa negara, seperti Thailand dan Malaysia terkenal sebagai pengekspor rambutan yang sudah dikemas dalam kaleng.

8. Salak disebut dengan sebagai Snake Fruit karena kulitnya yang bersisik. Buah ini asli berasal dari Indonesia, bahkan salah satu variannya,   salak condet, menjadi Identitas kota Jakarta. Ada aneka macam rasa salak, mulai dari yang manis, sepat, asam, atau gabungan keempatnya. Sayangnya, banyak yang mengira buah ini berasal dari Thailand atau Malaysia, bukan Indonesia.

9. Duku yang berbentuk bulat kecil berwarna kekuningan ini merupakan salah satu buah asli kebanggaan Indonesia. Pohonnya pun dijadikan flora identitas provinsi Sumatra Selatan. Biasanya, duku dipanen setahun sekali. Di dalam negeri dan Asia duku banyak diminati, tapi sayang ekspornya belum menembus pasar Amerika dan Eropa. (Tisam)

 


 
 
  
  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
 


200 Karakter
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan namamu.
 
Celebrate Something
Dalam setahun, berapa kali kamu merayakan sesuatu selain hari raya dan ultah?

1-2 kali
3-5 kali
Lebih dari 5 kali
Jadi It Girl
Seberapa pengin kamu jadi cewek keren alias "It" Girl?

Pengin banget
Biasa saja
Nggak pengin

Aquarius Aquarius
Masih belum berani ajak teman dekat bicara bareng. Soalnya, minggu lalu dia marah besar sama kamu.
Pisces Pisces
Teman lama yang muncul kembali bikin kamu deg-degan. Kayaknya sih, kamu tertarik sama dia.
Aries Aries
Isi dompet aman. Bisa jajan enak sampai akhir bulan.
Taurus Taurus
Sudah beberapa bulan pacaran sama cowok yang satu ini, tapi perasaan belum berubah. Kamu jadi makin sayang sama dia.
Gemini Gemini
Coba intropeksi diri dulu. Mungkin saja kamu punya kesalahan terhadap orang-orang terdekat.
Cancer Cancer
Akhir-akhir ini, kamu terlalu memikirkan diri sendiri. Nggak heran teman-teman menganggapmu egois dan menyebalkan.
Leo Leo
OMG! Tubuh kamu mulai menyerah, tuh. Ciri-cirinya badan pegal-pegal dan kamu gampang pusing.
Virgo Virgo
Kangen banget sama pacar yang sedang super sibuk dengan tugas-tugas sekolah.
Libra Libra
Minggu ini beberapa teman capek mendengarkan curhatan-mu. Bukan karena mereka nggak mau atau peduli.
Scorpio Scorpio
Bagaimana mau akur kalau jarang komunikasi. Ngobrol dari hati ke hati, yuk. Supaya kamu makin mengenal kepribadian pacar.
Sagitarius Sagitarius
Hubunganmu dan gebetan nggak akan berhasil. Daripada dipaksakan, lebih baik mencari cowok lain saja
Capricons Capricons
Ada seorang teman dekat yang menyukaimu, tuh. Tapi, dia nggak berani untuk mengungkapkan perasaannya.

Japan Night, Move With The Music of Japan (VAMPS, Alexandros) di The Kasablanka - Kota Kasablanka 04 Apr 2015
Japan Night, Move With The Music of Japan (VAMPS, Alexandros) di The Kasablanka - Kota Kasablanka
31 Maret-5 April: Bali Spirit Festival 2015 di Agung Rai Museum of Art, Ubud, Bali 05 Apr 2015
31 Maret-5 April: Bali Spirit Festival 2015 di Agung Rai Museum of Art, Ubud, Bali