Bruce Lee, Master Bela Diri


Bruce Lee, Master Bela Diri Gadis

Kiprahnya di dunia bela diri, nggak perlu diragukan lagi. Sepanjang hidupnya, Bruce Lee langganan jadi juara dalam pertarungan bela diri, membuka perguruan kungfu, menciptakan jurus baru, sampai mengenalkan ilmu bela diri lewat tulisan dan film. Siapa sangka, impiannya ini berawal dari kondisi fisiknya semasa kecil yang sering sakit-sakitan?

Mari kembali ke San Fransisco, Amerika Serikat, 27 November 1940. Bruce Lee lahir dengan nama asli Lee Jun Fan. Semasa kecil, Lee kerap sakit karena kondisi tubuhnya yang lemah. Alhasil, ia berkali-kali dihina bahkan dipukuli. Alih-alih menyerah sama keadaan, Bruce kecil justru bangkit dan berlatih kungfu hingga tengah malam. Ia ingin menunjukkan bahwa dirinya patut untuk diperhitungkan.

Semangatnya yang luar biasa memantapkan langkah Bruce kembali ke Amerika, untuk mengembangkan kemampuan bela dirinya. Bruce beberapa kali mengikuti turnamen bela diri dan menyabet gelar juara. Bruce juga membuka perguruan kungfu untuk umum dan mengizinkan orang asing (selain Tionghoa) untuk belajar kungfu darinya. Keputusannya ini ditentang oleh asosiasi kungfu di Amerika. Namun, masalah tersebut berhasil diselesaikan, setelah Bruce memenangkan uji tanding mengalahkan perwakilan dari asosiasi tersebut.

Meski kemampuan bela dirinya semakin tinggi, Bruce tetap rajin belajar. Ia kerap ikutan berbagai uji tanding supaya bisa mengambil banyak pelajaran dari berbagai seni bela diri lainnya. Seperti karate, jujitsu, thai boxing, tae kwon do dan masih banyak lagi. Berkat pelajaran yang didapat ini pula, ia mampu menciptakan seni bela diri baru yang bernama Jeet Kune Do, dan mahir menggunakan senjata nuchaku atau double stick.

Seakan tak pernah padam, semangat Bruce Lee untuk mengenalkan seni bela diri kungfu juga ia lakukan lewat tulisan dan beberapa filmnya. Hebatnya, ia tak hanya jago di kandang Asia, tapi karyanya juga menembus Hollywood. Sayangnya, perjalanan Bruce Lee yang luar biasa ini, harus berakhir pada tanggal 20 Juli 1973, karena kematiannya. Namun, sampai hari ini semangat dan kiprah Bruce Lee tetap dikenang. Ia berhasil membuktikan pada dunia bahwa kerja keras takkan pernah sia-sia. Muthia – Foto: Cat's Collection/Corbis/ClickPhotos




 
 
  
  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
 


200 Karakter
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan namamu.
 
Menu Lebaran
Menu Lebaran apa yang paling kamu tunggu?

Opor
Kue Lebaran
Ketupat

Aquarius Aquarius
Prestasimu nggak cuma membuat diri sendiri bangga, tapi juga orang lain. Nggak heran beberapa teman datang memberikan pujian.
Pisces Pisces
Tidak! Beberapa masalah datang secara bersamaan minggu ini. Hal tersebut membuatmu kehilangan konsentrasi di sekolah
Aries Aries
Rasa iri menyelimuti Aries minggu ini. Teman terdekatmu mendapatkan hal-hal yang menjadi impianmu selama ini.
Taurus Taurus
Kamu gemas dengan sikap si pacar yang nggak pernah menepati janji. Berkali-kali kamu menagih janji tersebut, tapi nggak berhasil.
Gemini Gemini
It’s over! Kamu dan dia sudah nggak punya kecocokan. Kalau diteruskan, bisa berakhir dengan pertengkaran hebat.
Cancer Cancer
Walau kamu dan pacar tergolong pasangan baru, kalian sudah saling mengerti. Hal ini membuatmu jarang bertengkar.
Leo Leo
Oh, no! Malas melanda Leo minggu ini. Kayaknya sih, masih terbawa suasana liburan lalu.
Libra Libra
Beberapa bulan jalan bareng si pacar kok, tiba-tiba muncul keraguan. Kamu mulai merasa sikapnya nggak cocok denganmu
Scorpio Scorpio
Cinta yang dipaksakan akan membuat kamu sakit hati. Lebih baik relakan saja hubungan kamu dan dia berhenti di tengah jalan.
Sagitarius Sagitarius
Dompet aman. Ortu menaikan uang jajanmu karena prestasi yang sudah dicapai.
Capricons Capricorn
Kali ini kamu sudah menyakiti perasaan si pacar. Soalnya, kamu sudah membohonginya berkali-kali.
Virgo Virgo
Keuangan dalam kondisi baik. Dana untuk hangout weekend ini masih ada. Dana untuk beli gadget baru juga masih penuh.

5 Juni-17 Agustus: Magical Ramadhan On Ice di Summarecon Mal Bekasi 17 Aug 2014
5 Juni-17 Agustus: Magical Ramadhan On Ice di Summarecon Mal Bekasi