Sehat Berbuka Puasa


Sehat Berbuka Puasa Gadis

Setelah puasa seharian, kita nggak terlalu peduli dengan makanan atau minuman yang kita santap buat berbuka. Begitu dengar bunyi bedug maghrib, langsung deh, kita menyantap apa pun yang ada di depan kita.  Tapi, sebenarnya makanan dan minuman berbuka seperti apa sih, yang sehat buat kita?

Berbuka Dengan Yang Manis
Setiap kali berbuka puasa, kita selalu dianjurkan untuk makan atau minum sesuatu yang manis. Kenapa yah? Well,  sebenarnya ini ada hubungannya dengan kesehatan dan kesejahteraan perut kita.  Soalnya setelah berpuasa seharian, tubuh kita banyak kehilangan energi. Nah, makanya minum dan makan sesuatu yang manis, bakal membantu mengembalikan gula darah dalam tubuh, yang juga bakal diolah jadi energi.

Jangan Terlalu Ekstrim
Rasa haus setelah nggak minum seharian, bikin kita mau minum sesuatu yang menyegarkan atau dingin waktu berbuka. Idealnya, untuk berbuka puasa, kita sebaiknya nggak mengkonsumsi sesuatu yang suhunya ekstrim. Misalnya es yang terlalu dingin atau kolak yang terlalu panas. Soalnya kalau suhunya ekstrim, berarti tubuh kita butuh lebih banyak waktu untuk menyesuaikan. Sementara, di saat yang sama, tubuh kita harus segera menggantikan cairan yang hilang setelah puasa.

Jangan Berlebihan
Walaupun berbuka dengan sesuatu yang manis sehat dan mengenyangkan, kita tetap nggak boleh berlebihan saat berbuka puasa. Mengkonsumsi terlalu banyak gula saat berbuka, bikin perut kita kenyang banget! Biasanya sih kalau sudah begini, kita nggak bakal punya tempat lagi buat makan malam. Padahal kan selain gula, tubuh kita juga tetap perlu zat lain seperti karbohidrat, protein dan serat supaya pencernaan tetap lancar.
(Marissa/ Dok. Istimewa)


 
 
  
  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
 


200 Karakter
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan namamu.
 
Arti Mama
Buat kamu, Mama itu...

sahabat
idola
guru

Aquarius Aquarius
Kata orang, persahabatan bisa saja buyar hanya karena salah komunikasi. Ini dia yang sedang dialami kamu dan sobat terdekat.
Pisces Pisces
Nggak menyangka kata-kata yang paling kamu sebal muncul dari pacar sendiri.
Aries Aries
Entah mengapa kamu lagi bête dengan si pacar. Setiap bertemu, selalu mencari-cari kesalahan pacar.
Taurus Taurus
Minggu ini kamu merasa galau banget. Soalnya, gebetan yang selama ini diincar jadian sama cewek lain.
Gemini Gemini
Kamu semakin ragu dengan sikap si pacar. Soalnya, dia beberapa kali memperlakukanmu dengan buruk.
Cancer Cancer
Setelah sekian lama mejadi gebetan-mu, akhirnya kamu menyerah juga. Si gebetan memang nggak tertarik kepadamu.
Leo Leo
Pengin menjadi pemimpin yang dihormati dan dihargai? Salah satu caranya adalah jangan sampai terlihat lemah di hadapan teman-temanmu.
Virgo Virgo
Sabar adalah kunci dari awetnya hubungan. Bila si pacar sedang emosi, ada baiknya kamu menjadi orang yang menenangkannya.
Libra Libra
Ternyata, melupakan si mantan nggak sesulit yang dibayangkan. Dalam beberapa minggu, kamu bisa move on ke cowok lain.
Scorpio Scorpio
Kamu dan pacar sedang akur-akurnya. Setiap bertemu, pasti tertawa bahagia.
Sagitarius Sagitarius
Beberapa hari ini kamu selalu bad mood. Ini menyebabkan hubungan kamu dan pacar nggak semanis dahulu.
Capricons Capricorn
Pacar tersayangmu ternyata adalah cowok yang cuek. Jarang banget memberikan kata-kata manis di socmed atau pesan singkat.