Sehat Berbuka Puasa


Sehat Berbuka Puasa Gadis

Setelah puasa seharian, kita nggak terlalu peduli dengan makanan atau minuman yang kita santap buat berbuka. Begitu dengar bunyi bedug maghrib, langsung deh, kita menyantap apa pun yang ada di depan kita.  Tapi, sebenarnya makanan dan minuman berbuka seperti apa sih, yang sehat buat kita?

Berbuka Dengan Yang Manis
Setiap kali berbuka puasa, kita selalu dianjurkan untuk makan atau minum sesuatu yang manis. Kenapa yah? Well,  sebenarnya ini ada hubungannya dengan kesehatan dan kesejahteraan perut kita.  Soalnya setelah berpuasa seharian, tubuh kita banyak kehilangan energi. Nah, makanya minum dan makan sesuatu yang manis, bakal membantu mengembalikan gula darah dalam tubuh, yang juga bakal diolah jadi energi.

Jangan Terlalu Ekstrim
Rasa haus setelah nggak minum seharian, bikin kita mau minum sesuatu yang menyegarkan atau dingin waktu berbuka. Idealnya, untuk berbuka puasa, kita sebaiknya nggak mengkonsumsi sesuatu yang suhunya ekstrim. Misalnya es yang terlalu dingin atau kolak yang terlalu panas. Soalnya kalau suhunya ekstrim, berarti tubuh kita butuh lebih banyak waktu untuk menyesuaikan. Sementara, di saat yang sama, tubuh kita harus segera menggantikan cairan yang hilang setelah puasa.

Jangan Berlebihan
Walaupun berbuka dengan sesuatu yang manis sehat dan mengenyangkan, kita tetap nggak boleh berlebihan saat berbuka puasa. Mengkonsumsi terlalu banyak gula saat berbuka, bikin perut kita kenyang banget! Biasanya sih kalau sudah begini, kita nggak bakal punya tempat lagi buat makan malam. Padahal kan selain gula, tubuh kita juga tetap perlu zat lain seperti karbohidrat, protein dan serat supaya pencernaan tetap lancar.
(Marissa/ Dok. Istimewa)


 
 
  
  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
 


200 Karakter
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan namamu.
 
Tempat Seru Cari Inspirasi
Menurutmu, di mana tempat paling seru untuk mencari inspirasi?

sekolah
rumah
mall/cafe
perpustakaan
toilet
museum
alam terbuka (pantai, gunung dll.)

Aquarius Aquarius
Ada cowok yang mendekatimu, tuh. Hati-hati dia mulai ngegombal. Jangan sampai kamu terjebak dengan rayuannya.
Pisces Pisces
Uang pas-pasan tapi hati tetap senang.
Aries Aries
Gembira! Dapat bonus jajan dari ortu.
Taurus Taurus
Sudah saatnya kamu mencari ketenangan. Supaya kamu bisa mengerjakan tugas-tugas yang belum selesai.
Gemini Gemini
Kalau memang merasa nggak cocok, lebih baik jangan dipaksakan. Teman-temanmu pasti akan mengerti
Cancer Cancer
Diam-diam kamu mendambakan kehadiran seorang pacar.
Leo Leo
Gawat! Banyak diskon yang membuatmu tergoda.
Virgo Virgo
Ini saatnya kamu mempertahankan prestasi dan reputasi baik yang sudah dicapai.
Libra Libra
Kontrol muka! Itu adalah hal pertama yang wajib kamu lakukan saat berhubungan dengan orang yang nggak disukai.
Scorpio Scorpio
Bagus! Jumlah dana di tabungan makin meningkat.
Sagitarius Sagitarius
Saatnya kamu serius! Selama ini, kamu selalu setengah-setengah dalam mengerjakan tugas.
Capricons Capricorn
Minggu ini, Capricorn harus berhati-hati dalam membuat keputusan. Soalnya, kamu bisa dirugikan karena keputusan tersebut.

Foam 5k Run Festival 2015 di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta 31 May 2015
Foam 5k Run Festival 2015 di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta
1-7 Juni: Festival Sabang Fair 2015 di Arena Sabang Fair Gampong Kuta Barat, Kota Sabang 31 May 2015
1-7 Juni: Festival Sabang Fair 2015 di Arena Sabang Fair Gampong Kuta Barat, Kota Sabang
30-31 Mei: Gadjah Mada Tourism Fair 2015 – Food Carnival di Plasa Pasar Ngasem, Jogjakarta 31 May 2015
30-31 Mei: Gadjah Mada Tourism Fair 2015 – Food Carnival di Plasa Pasar Ngasem, Jogjakarta