Belajar Mengasuh Bayi

by :

Apa jadinya kalau di sekolah ada pelajaran “Menjadi Orang Tua Bayi”, plus pakai boneka bayi, yang bisa nangis, lapar sampai buang air? Seru banget!

Yap, Parenting class seperti ini sudah banyak di sekolah-sekolah di Amerika, Eropa, bahkan di beberapa sekolah international di Indonesia. Di kelas tersebut, para siswa langsung praktek menjadi orang tua dengan boneka bayi yang menjadi “anak”nya. Dalam proyek yang disebut dengan Baby, Think It Over ini, masing-masing siswa akan mengasuh satu anak. Bisa juga dibagi berpasangan dimana para siswa cowok berperan sebagai ayah dan cewek sebagai ibu. Kemudian, selama sekitar seminggu mereka harus merawat 'anak' tersebut, serta menuliskan laporannya.

Gampang? Nanti dulu! Boneka Baby Think It Over nggak semudah itu “ditaklukkan”. Soalnya, boneka-boneka tersebut sudah diprogram seperti bayi beneran yang bisa nangis hanya karena ingin digendong. Boneka itu harus dikasih makan teratur, bahkan bisa buang air dan harus dibersihkan. Dan jika kita nggak merawatnya dengan baik, seperti lupa kasih makan, bisa ketahuan.  Nah lho! Nggak cuma itu, sebagai orang tua, siswa juga diharuskan membuat semacam jadwal harian dan rencana masa depan untuk keluarga.

Melalui kelas ini kita bisa merasakan betapa susah dan repotnya menjadi orang tua. Makanya, Baby, Think It Over ini dijadikan salah satu program kampanye anti seks bebas dan teen pregnancy. Kabarnya, di beberapa negara program ini dianggap efektif menurunkan tingkat kehamilan remaja, sekaligus meningkatkan empati dan kesadaran para siswa.   
Tisam - Foto: Istimewa

polling

Family Activities

Kegiatan apa yang paling sering kamu lakukan bareng keluarga?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Mending cari tahu dulu, apa yang dia suka dan nggak suka. Supaya kamu nggak salah langkah saat pedekate sama dia.
Pisces

Pisces

Jangan membuatnya ilfil dengan gaya pedekate yang terpaksa kamu lakukan. Sikap apa adanya tanpa dibuat-buat akan lebih menarik hatinya.
Aries

Aries

Cemburu boleh saja tapi jangan tanpa alasan, dong. Lama-lama dia bisa merasa terkekang, lho.
Taurus

Taurus

Tunda dulu keinginan untuk berbelanja.
Gemini

Gemini

Bertemu beberapa teman baru membuatmu mulai melupakan kegagalan cinta yang lalu.
Cancer

Cancer

Beli sesuai kebutuhan kamu
Leo

Leo

Sabar ya. Kadang mengalah lebih baik daripada terus ngotot dengan pendapat kamu sendiri.
Virgo

Virgo

Pikirkan baik-baik dan jangan goyah lagi. Kalau kamu selalu ragu-ragu, orang lain bisa memanfaatkan situasi ini untuk keuntungannya.
Libra

Libra

Ada tambahan uang saku. Cukup deh buat minggu ini!
Scorpio

Scorpio

Nggak perlu iri atau berpikir negatif. Lebih baik jadikan keberhasilan teman sebagai motivasi kamu untuk bisa seperti dia.
Sagitarius

Sagitarius

Cowok yang naksir, kamu anggap angin lalu. Sepertinya kamu terlalu asyik dengan kesendirian kamu.
Capricorns

Capricorns

Asyik, ada rejeki menghampiri!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!