Bruce Lee, Master Bela Diri

by :
Posted : May 13, 2012

Kiprahnya di dunia bela diri, nggak perlu diragukan lagi. Sepanjang hidupnya, Bruce Lee langganan jadi juara dalam pertarungan bela diri, membuka perguruan kungfu, menciptakan jurus baru, sampai mengenalkan ilmu bela diri lewat tulisan dan film. Siapa sangka, impiannya ini berawal dari kondisi fisiknya semasa kecil yang sering sakit-sakitan?

Mari kembali ke San Fransisco, Amerika Serikat, 27 November 1940. Bruce Lee lahir dengan nama asli Lee Jun Fan. Semasa kecil, Lee kerap sakit karena kondisi tubuhnya yang lemah. Alhasil, ia berkali-kali dihina bahkan dipukuli. Alih-alih menyerah sama keadaan, Bruce kecil justru bangkit dan berlatih kungfu hingga tengah malam. Ia ingin menunjukkan bahwa dirinya patut untuk diperhitungkan.

Semangatnya yang luar biasa memantapkan langkah Bruce kembali ke Amerika, untuk mengembangkan kemampuan bela dirinya. Bruce beberapa kali mengikuti turnamen bela diri dan menyabet gelar juara. Bruce juga membuka perguruan kungfu untuk umum dan mengizinkan orang asing (selain Tionghoa) untuk belajar kungfu darinya. Keputusannya ini ditentang oleh asosiasi kungfu di Amerika. Namun, masalah tersebut berhasil diselesaikan, setelah Bruce memenangkan uji tanding mengalahkan perwakilan dari asosiasi tersebut.

Meski kemampuan bela dirinya semakin tinggi, Bruce tetap rajin belajar. Ia kerap ikutan berbagai uji tanding supaya bisa mengambil banyak pelajaran dari berbagai seni bela diri lainnya. Seperti karate, jujitsu, thai boxing, tae kwon do dan masih banyak lagi. Berkat pelajaran yang didapat ini pula, ia mampu menciptakan seni bela diri baru yang bernama Jeet Kune Do, dan mahir menggunakan senjata nuchaku atau double stick.

Seakan tak pernah padam, semangat Bruce Lee untuk mengenalkan seni bela diri kungfu juga ia lakukan lewat tulisan dan beberapa filmnya. Hebatnya, ia tak hanya jago di kandang Asia, tapi karyanya juga menembus Hollywood. Sayangnya, perjalanan Bruce Lee yang luar biasa ini, harus berakhir pada tanggal 20 Juli 1973, karena kematiannya. Namun, sampai hari ini semangat dan kiprah Bruce Lee tetap dikenang. Ia berhasil membuktikan pada dunia bahwa kerja keras takkan pernah sia-sia. Muthia – Foto: Cat's Collection/Corbis/ClickPhotos


polling

Perploncoan Setelah MOS

Setelah melewati masa MOS (Masa Orientasi Sekolah), apakah masih ada tradisi perploncoan di sekolahmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Mulai kewalahan dan pengin meminta bantuan. Tahan! Coba lakukan sendiri dulu, jangan bergantung ke orang lain.
Pisces

Pisces

Ada cowok lucu di tempat olahraga. Ciee…
Aries

Aries

Harus lebih santai menghadapi pacar yang uring-uringan.
Taurus

Taurus

Sudah yuk, move on saja dari si dia.
Gemini

Gemini

Tebar pesona mulu, nih. Pacar bete, tuh. Hihihi…
Cancer

Cancer

Sabar Cancer! Jangan mengambil keputusan merugikan atas nama teman-teman sekelas.
Leo

Leo

Tergoda official goods idola. Uang jajan rawan habis.
Virgo

Virgo

Ups, tersendat! Harus pintar mengatur pengeluaran.
Libra

Libra

Jangan galak-galak sama teman sekelas, dong.
Scorpio

Scorpio

Jangan membandingkan pacar dengan prince charming di drama Korea.
Sagitarius

Sagitarius

Bakal muncul saingan-saingan baru yang mencoba menggesermu dari posisi peringkat saat ini.
Capricorns

Capricorns

Hayo, kok, masih boros, sih?
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!