Cheonyeo Gwishin: Hantu Cantik Korea

by :
Posted : October 13, 2011

Kalau selama ini kita cuma tahu artis dan penyanyinya yang keren, sebenarnya Korea Selatan punya beberapa hantu yang bisa bikin kita susah tidur. Salah satu hantu menyeramkan dari negara asal Super Junior ini adalah Cheonyeo Gwishin.

Dalam bahasa Korea, nama gwishin atau yogwi dipakai untuk menyebut semua arwah atau orang yang sudah meninggal. Seperti juga di negara-negara lainnya, gwishin bisa ditemui di mana saja. Soalnya biasanya gwishin ini adalah orang yang meninggal dengan urusan yang belum selesai di dunia, sehingga belum bisa “menyeberang” ke alam baka. Begitu juga cheonyeo gwishin.

Ada urusan yang masih harus diselesaikan hantu yang bersosok wanita muda yang biasanya digambarkan cantik dan menarik ini. Menurut tradisi Korea Selatan, tujuan hidup seorang cewek adalah untuk melayani ayahnya, suaminya dan anak laki-laki. Kalau ada cewek yang meninggal dan belum menikah, hantunya nggak bakal tenang karena belum bisa memenuhi tujuan hidupnya. Biasanya cheonyeo gwishin bakal menghantui pasangan-pasangan, khususnya si cewek.

Hantu ini muncul dengan memakai sobok, pakaian tradisional Korea seperti hanbok yang dipakai pada saat berduka. Nggak cuma itu, rambut hantu ini pun biasanya tergerai dan terurai. Soalnya menurut tradisi Korea, hanya cewek yang sudah menikah saja yang wajib mengangkat dan mengikat rambutnya ke atas. Dipercaya satu-satunya cara membuat hantu ini tenang adalah dengan mempertemukan dan menikahkannya dengan hantu bujangan (hantu laki-laki yang belum menikah). Marissa-Foto: Istimewa


Klik juga yang ini:

polling

Perploncoan Setelah MOS

Setelah melewati masa MOS (Masa Orientasi Sekolah), apakah masih ada tradisi perploncoan di sekolahmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Mulai kewalahan dan pengin meminta bantuan. Tahan! Coba lakukan sendiri dulu, jangan bergantung ke orang lain.
Pisces

Pisces

Ada cowok lucu di tempat olahraga. Ciee…
Aries

Aries

Harus lebih santai menghadapi pacar yang uring-uringan.
Taurus

Taurus

Sudah yuk, move on saja dari si dia.
Gemini

Gemini

Tebar pesona mulu, nih. Pacar bete, tuh. Hihihi…
Cancer

Cancer

Sabar Cancer! Jangan mengambil keputusan merugikan atas nama teman-teman sekelas.
Leo

Leo

Tergoda official goods idola. Uang jajan rawan habis.
Virgo

Virgo

Ups, tersendat! Harus pintar mengatur pengeluaran.
Libra

Libra

Jangan galak-galak sama teman sekelas, dong.
Scorpio

Scorpio

Jangan membandingkan pacar dengan prince charming di drama Korea.
Sagitarius

Sagitarius

Bakal muncul saingan-saingan baru yang mencoba menggesermu dari posisi peringkat saat ini.
Capricorns

Capricorns

Hayo, kok, masih boros, sih?
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!