Efek Begadang

by :
Posted : June 1, 2011

Kebiasaan bergadang atau tidur sampai larut malam sering kita lakukan di saat sedang belajar untuk ujian, menonton film seru atau susah tidur. Memang sih, awalnya kebiasaan ini sama sekali nggak berpengaruh bagi kita. Tapi, kalau terlalu sering dilakukan bisa menimbulkan beberapa efek buruk bagi kita. seperti:

  • Bikin gemuk. Yap, efek begadang bisa bikin gemuk ini sudah dibuktikan oleh banyak ahli, lho. Menurut J Catesby Ware dari Norfolk General Hospital, Amerika Serikat, kurang tidur bisa mengakibatkan perubahan hormonal yang meningkatkan napsu makan. Apalagi agar bisa tetap terjaga, kita sering mengunyah cemilan dan minum kopi. Otomatis, badan pun semakin membesar.
  • Bikin kemampuan otak melemah. Profesor Juergen Zulley dari Regensburg University Hospital di Bavaria, Jerman mengatakan bahwa saat tidur otak kita mengalami regenerasi sel sehingga ketika bangun bisa bekerja dengan sempurna. Nah kalau kita kurang tidur, makan sel-sel otak pun akan kurang waktu untuk regenerasi sehingga kinerjanya nggak akan maksimal dan memori kita pun akan berkurang.
  • Bikin stres. Penelitian di Universitas Pennsylvania membuktikan bahwa porsi tidur kurang dari 5 jam per hari selama seminggu bisa menyebabkan stres, marah, sedih, dan depresi. Karena saat kurang tidur, badan kita jadi lemah dan otak tulalit, sehingga mood kita pun jadi nggak stabil.

Legita – Foto: Istimewa


Klik juga yang ini:


polling

Prom Dress

Apa pendapatmu tentang pakai prom dress kembar dengan sahabat saat prom night?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Butuh kesabaran dan ekstra effort untuk mencapai target yang kamu mau.
Pisces

Pisces

Asyik, ada sisa. Bisa menabung, deh.
Aries

Aries

Makin sering berantem, makin kelihatan benar-benar sayang atau nggak.
Taurus

Taurus

Main yuk, Taurus! Kamu mulai nggak kelihatan peredarannya di antara teman-teman karena sering mager, nih.
Gemini

Gemini

Wah, mulai ada uang lebih, tapi tetap belum bisa hura-hura. Hiks!
Cancer

Cancer

Ups, jangan memancing emosi si dia. Kamu lebih baik diam dulu.
Leo

Leo

: Hati-hati, uang akan habis saat weekend!
Virgo

Virgo

Dear Virgo, kamu harus lebih konsisten dengan pilihan yang kamu ambil sekarang.
Libra

Libra

Ternyata, punya banyak kesamaan dengan gebetan. So sweet!
Scorpio

Scorpio

Mulai nggak betah men-jomblo. Sepi!
Sagitarius

Sagitarius

Si dia mulai menjauh. Mungkin memang dia nggak tertarik. So sad.
Capricorns

Capricorns

Mulai nggak mengenal sifatnya. Dia tiba-tiba berubah.
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!

GAYA