Jadi Peneliti, Yuk!

by :
Posted : July 8, 2010

Tahu nggak sih, ternyata cewek yang jadi peneliti itu masih sedikit sekali. Padahal kalau mau berbicara soal kapasitas otak, cewek juga nggak kalah dengan cowok, lho.

Waktu GADIS hadir di L’Oreal Girls Science Camp 23 Juni 2010 di Bella Campa, Gadog, Ciawi, Bogor, GADIS diberi kesempatan untuk ngobrol dengan beberapa peneliti cewek kebanggaan Indonesia. Antara lain, Atik Retnowati, S.P., M.SC, Dr. Wiratni, Dr. Munti Yuhana dan Camelia Panatarani. Saat itu mereka mengungkapkan rasa prihatinnya karena minimnya cewek yang menjadi peneliti. “Kalau di bidang Biologi sih, masih banyak ceweknya, tapi kalau di bidang lain saya kurang tahu,” kata Atiek yang dikenal sebagai peneliti jamur di LIPI ini.

“Sepertinya banyak cewek yang nggak pengin jadi peneliti karena pekerjaannya yang intense. Nggak jarang kita harus menginap di laboratorium ketika sedang menjalankan penelitian. Padahal jadi peneliti itu seru, lho. Apalagi ketika kita bisa menemukan sesuatu atau memecahkan sebuah misteri sains. Itu rasanya membanggakan sekali,” jelas Camelia yang pernah mendapat penghargaan L’Oreal Indonesia Fellowship for Women in Science 2008 berkat penelitiannya akan jenis baru lampu hemat energi ini.
   
Hal ini juga dibenarkan oleh Jean Christophe Letellier, Presiden Direktur L’Oreal. “Hanya lima persen cewek di dunia yang meraih hadiah nobel di bidang sains. There’s a hidden discrimination. Men use them,” ujar cowok berkebangsaan Perancis ini. Untuk itulah L’Oreal rajin menyelenggarakan kompetisi serta penghargaan untuk cewek yang berjasa di bidang IPA. “Karena perusahaan L’Oreal sendiri berdiri berkat kerja keras seorang peneliti bernama Eugene Schueller yang menciptakan berbagai inovasi untuk kecantikan,” jelas Melanie Kridaman, Corporate & Public Relations Manager L’Oreal Indonesia. Jadi peneliti, yuk! (Adisti.Foto: Adisti)

  • polling

    Semangat Ikut Upacara Bendera

    Masih semangat nggak ikutan upacara bendera?

    kata zodiak

    Aquarius

    Aquarius

    Kamu nggak perlu selalu ikut campur urusan si sahabat, Aquarius.
    Pisces

    Pisces

    Ada resto fancy yang menggoda buat dicicipi.
    Aries

    Aries

    Pacar mulai ragu. Gawat!
    Taurus

    Taurus

    Terlalu sering mentraktir. Awas dimanfaatkan.
    Gemini

    Gemini

    Dilema antara kangen dan gengsi bilang kangen. Jaim banget, sih.
    Cancer

    Cancer

    Pacar juga pengin diperhatiin, lho. Coba deh, lebih peka dan perhatian.
    Leo

    Leo

    Aman sampai akhir bulan.
    Virgo

    Virgo

    Virgo harus tahu setiap orang punya speed masing-masing buat mengerjakan tugas.
    Libra

    Libra

    Ketagihan belanja barang grosir. Lebih murah, sih.
    Scorpio

    Scorpio

    Pacar menuntut perhatian lebih. Dia bête dicuekkin melulu.
    Sagitarius

    Sagitarius

    Jangan keasyikan flirting. Ingat, kamu sudah punya seseorang.
    Capricorns

    Capricorns

    Ups, naksir pacar orang!
     
    Next >   

    More