Lebih Kenal Dengan GADIS

by :

Wow, nggak nyangka majalah GADIS November ini akan segera berulang tahun. Majalah untuk cewek-cewek remaja ini punya banyak cerita lho, hingga bisa dikenal hingga saat ini. Bagi yang belum tahu, harus simak kisah majalah kesayangan kita yang satu ini


Majalah GADIS edisi perdana - Majalah GADIS sebelum tahun 2010 - Majalah GADISsaat ini
  • Ide majalah GADIS datang dari Bapak Sofyan Alisyahbana dan Ibu Pia Alisyahbana pada awal tahun 70-an. Dulu, belum ada majalah khusus para remaja cewek di Indonesia. Padahal, minat cewek-cewek zaman tersebut akan informasi terkini sudah besar, lho. Apalagi, untuk urusan fesyen dan musik.
  • Dari ide tersebut, Ibu Pia dan teman-temannya dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia mulai membuat majalah GADIS di rumahnya Jalan. Sukabumi No. 36, Jakarta Pusat. Tepat tanggal 19 November 1973 GADIS, edisi perdana pun diterbitkan. Majalah ini merupakan majalah lokal pertama yang dikhususkan untuk remaja berusia 13 – 18 tahun.
  • Tanty Parmo, Drum Major Band SMA Tarakanita Jakarta dipilih menjadi cover majalah GADIS edisi pertama. Ia dipilih karena melambangkan semangat dan tekad kuat untuk terus maju.
  • Sebelumnya, ada sejumlah nama yang untuk majalah GADIS, seperti Nina dan Uni. Setelah dipertimbangkan, nama GADIS paling cocok untuk menggambarkan para calon pembacanya.
  • GADIS punya visi dan misinya sendiri, lho. Yaitu, menjadi sahabat yang paling mengerti keburutuhan puteri Indonesia menjadi visinya. Sedangkan misinya, memberikan panduan atau bacaan mengenai gaya hidup untuk remaja. Gaya hidup mencakup pergaulan di dalam dan luar sekolah serta cara untuk berpenampilan menarik.
  • Logo majalah GADIS sering berganti lho, sesuai tren yang sedang happening. Misalnya, pada tahun 70-an, logo GADIS sedikit kribo karena saat itu rambut jenis tersebut lagi beken. Sekarang, logo GADIS lebih terkesan minimalis dan simpel.
  • Rubrik Percikan adalah rubrik paling tua yang muncul  di majalah GADIS. Rubrik cerpen ini nggak pernah berganti nama sejak pertama kali muncul.
  • Sejak tahun 1975, GADIS sudah punya kompetisi kecantikan remaja sendiri, lho. Sebelumnya dinamakan Puteri Remaja hingga pada 27-29 Januari 1987 berubah menjadi GADIS Sampul. Pstt…jebolannya banyak yang menjadi publik figur, lho.
  • Pada tahun 1980-an, GADIS membuat majalah edisi khusus pertama, yang diiberi nama GADIS Edisi Tahunan.  Isinya seputar tren yang ada saat itu. GADIS sudah pernah mmebuat Edisi Tahunan dengan sejumlah tema, seperti lingkungan, Do It Yourself (DIY), dan 365 misi seru dan keren. Ayu – Foto: Dok. FeminaGroup

polling

Seragam Sekolah

Menurut kamu, masih penting atau nggak pakai seragam ke sekolah?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Si pacar nggak hanya ada buatmu saat hari-hari bahagiamu. Tetapi dia juga selalu ada di saat kamu sedang terpuruk dan membutuhkan suntikan semangat.
Pisces

Pisces

Jangan jadi teman yang hanya muncul kalau sedang butuh saja, dong. Lama-kelamaan teman-teman bisa menjauh karena sifat kamu yang egois itu.
Aries

Aries

Jangan sampai kamu memendam perasaan sendiri. Bicara dan ungkapkan keluhan kamu agar nggak terjadi kesalahpahaman.
Taurus

Taurus

Pahami mana yang memang kebutuhan kamu dan mana yang hanya keinginan kamu.
Gemini

Gemini

Jangan lagi berharap pada orang yang nggak peduli padamu.
Cancer

Cancer

Ketika kamu selalu bisa bersyukur atas segala yang kamu miliki, bahagia itu akan muncul dengan sendirinya.
Leo

Leo

Periksa isi tabungan kamu setiap kali godaan belanja online muncul.
Virgo

Virgo

Terkadang sebuah kritik memang nggak mudah diterima begitu saja. Namun, ada baiknya kamu mendengarkan sebuah kritik dari orang terdekatmu itu kali ini.
Libra

Libra

Jangan meremehkan diri kamu karena kamu itu jauh lebih kuat dari apa yang kamu bayangkan.
Scorpio

Scorpio

Kamu jadi kepo hanya karena gosip yang kamu dengar. Tapi ingat, sikap kepo yang berlebihan malah bisa merusak hubungan kamu dengan si pacar yang tadinya baik-baik aja.
Sagitarius

Sagitarius

Liburan kali ini membuatmu harus menguras isi tabungan.
Capricorns

Capricorns

Jauhi rasa malas walaupun sedang menikmati liburan. Tetaplah bangun di pagi hari, berolah raga dan lakukan rutinitas seperti biasanya.
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!