Leonardo da Vinci, Pelukis Monalisa

by :

Siapa yang nggak kenal dengan lukisan Monalisa. Lukisan yang menyimpan sisi misterius ini dipamerkan di salah satu museum terkenal di dunia, Museum Louvre di Paris. Kita kenalan yuk, sama sang pelukis Leonardo da Vinci.

Leonardo da Vinci lahir pada tanggal 15 April 1452. Sebenarnya ia terlahir dengan nama Leonardo di Ser Piero da Vinci, yang artinya Leonardo putra Ser Piero dari kota Vinci. Tapi kemudian ia lebih terkenal dengan nama Leonardo da Vinci saja.

Leonardo da Vinci sudah menunjukkan bakat seninya sejak masih remaja. Pada usia 14 tahun, ia belajar melukis di kota Firenze pada seorang pelukis terkenal saat itu, Andrea del Verrocchio.

Selama enam tahun belajar pada Verrocchio, da Vinci juga mempelajari berbagai teknik lain dengan bahan kulit, kayu dan logam. Sehingga selain memiliki kemampuan melukis, da Vinci juga menjadi memiliki kemampuan memahat patung. Hingga akhirnya pada usia 20 tahun da Vinci memenuhi syarat untuk bergabung di Guild of Saint Luke, sebuah perserikatan bagi para pelukis di Eropa, dan membuat workshop untuk menyalurkan bakat-bakat seninya.

Selain menunjukkan bakat seni, rupanya da Vinci juga punya rasa ingin tahu yang tinggi. Salah satu hal yang menarik minatnya secara khusus adalah anatomi tubuh manusia. Ketertarikannya pada anatomi tubuh manusia ia salurkan dalam salah satu lukisannya yang terkenal sepanjang masa, Monalisa.

Lukisan ini mengundang decak kagum dari banyak orang karena menggunakan teknik melukis yang sangat tinggi dan sulit ditiru bernama sfumato, teknik yang membuat lukisan terlihat berkabut dan memiliki gradasi warna yang sangat halus.

Selain menyalurkan pengetahuannya tentang anatomi tubuh manusia, lukisan yang dibuat pada tahun 1506 ini juga menyalurkan ilmu da Vinci mengenai teknik pewarnaan, cahaya dan perspektif sehingga lukisan ini terlihat begitu hidup.

Sayangnya da Vinci nggak meninggalkan catatan apapun mengenai lukisan ini hingga Monalisa tetap mengundang rasa penasaran setiap orang sampai saat ini. Da Vinci menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 2 Mei 1519 dan dimakamkan di Kapel St. Hubert, Perancis. Lizta – Foto: Fotosearch




polling

Seragam Sekolah

Menurut kamu, masih penting atau nggak pakai seragam ke sekolah?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Tabungan dana darurat perlu ditambah lagi!
Pisces

Pisces

Oops! Rencana yang sudah kamu susun dengan baik sepertinya terancam gagal.
Aries

Aries

Tetap jaga komunikasi untuk cinta yang mulai bersemi ini, walaupun hanya pesan singkat aja. Jangan jaim.
Taurus

Taurus

Emosi nggak akan menyelesaikan masalah, tapi hanya membuat masalah yang ada makin pelik aja. Belajarlah untuk mengalah.
Gemini

Gemini

Nggak ada salahnya mendengarkan saran atau pendapat dari orang lain, tapi keputusan mutlah tetap ada di tangan kamu.
Cancer

Cancer

Belajar membedakan antara keinginan dan kebutuhan.
Leo

Leo

Jalani proses berbaikan dengan tulus dan pastikan kalian menjalankan kesepakatan yang telah dibuat.
Virgo

Virgo

Hindari memancing emosi si dia.
Libra

Libra

Kegagalan di satu hal akan diimbangi dengan keberhasilan di hal lainnya. Jangan patah semangat.
Scorpio

Scorpio

Ada pengeluaran tak terduga di tengah minggu.
Sagitarius

Sagitarius

Sikap lebay yang dimanis-maniskan malah membuatnya nggak tahan di dekatmu, lho.
Capricorns

Capricorns

Jangan terpengaruh dengan sikap sobat yang sedang menyebalkan. Dia bersikap begitu karena perasaannya yang lagi galau.
 
Next >   

More