Leonardo da Vinci, Pelukis Monalisa

by :
Posted : March 8, 2013

Siapa yang nggak kenal dengan lukisan Monalisa. Lukisan yang menyimpan sisi misterius ini dipamerkan di salah satu museum terkenal di dunia, Museum Louvre di Paris. Kita kenalan yuk, sama sang pelukis Leonardo da Vinci.

Leonardo da Vinci lahir pada tanggal 15 April 1452. Sebenarnya ia terlahir dengan nama Leonardo di Ser Piero da Vinci, yang artinya Leonardo putra Ser Piero dari kota Vinci. Tapi kemudian ia lebih terkenal dengan nama Leonardo da Vinci saja.

Leonardo da Vinci sudah menunjukkan bakat seninya sejak masih remaja. Pada usia 14 tahun, ia belajar melukis di kota Firenze pada seorang pelukis terkenal saat itu, Andrea del Verrocchio.

Selama enam tahun belajar pada Verrocchio, da Vinci juga mempelajari berbagai teknik lain dengan bahan kulit, kayu dan logam. Sehingga selain memiliki kemampuan melukis, da Vinci juga menjadi memiliki kemampuan memahat patung. Hingga akhirnya pada usia 20 tahun da Vinci memenuhi syarat untuk bergabung di Guild of Saint Luke, sebuah perserikatan bagi para pelukis di Eropa, dan membuat workshop untuk menyalurkan bakat-bakat seninya.

Selain menunjukkan bakat seni, rupanya da Vinci juga punya rasa ingin tahu yang tinggi. Salah satu hal yang menarik minatnya secara khusus adalah anatomi tubuh manusia. Ketertarikannya pada anatomi tubuh manusia ia salurkan dalam salah satu lukisannya yang terkenal sepanjang masa, Monalisa.

Lukisan ini mengundang decak kagum dari banyak orang karena menggunakan teknik melukis yang sangat tinggi dan sulit ditiru bernama sfumato, teknik yang membuat lukisan terlihat berkabut dan memiliki gradasi warna yang sangat halus.

Selain menyalurkan pengetahuannya tentang anatomi tubuh manusia, lukisan yang dibuat pada tahun 1506 ini juga menyalurkan ilmu da Vinci mengenai teknik pewarnaan, cahaya dan perspektif sehingga lukisan ini terlihat begitu hidup.

Sayangnya da Vinci nggak meninggalkan catatan apapun mengenai lukisan ini hingga Monalisa tetap mengundang rasa penasaran setiap orang sampai saat ini. Da Vinci menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 2 Mei 1519 dan dimakamkan di Kapel St. Hubert, Perancis. Lizta – Foto: Fotosearch




polling

Perploncoan Setelah MOS

Setelah melewati masa MOS (Masa Orientasi Sekolah), apakah masih ada tradisi perploncoan di sekolahmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Mulai kewalahan dan pengin meminta bantuan. Tahan! Coba lakukan sendiri dulu, jangan bergantung ke orang lain.
Pisces

Pisces

Ada cowok lucu di tempat olahraga. Ciee…
Aries

Aries

Harus lebih santai menghadapi pacar yang uring-uringan.
Taurus

Taurus

Sudah yuk, move on saja dari si dia.
Gemini

Gemini

Tebar pesona mulu, nih. Pacar bete, tuh. Hihihi…
Cancer

Cancer

Sabar Cancer! Jangan mengambil keputusan merugikan atas nama teman-teman sekelas.
Leo

Leo

Tergoda official goods idola. Uang jajan rawan habis.
Virgo

Virgo

Ups, tersendat! Harus pintar mengatur pengeluaran.
Libra

Libra

Jangan galak-galak sama teman sekelas, dong.
Scorpio

Scorpio

Jangan membandingkan pacar dengan prince charming di drama Korea.
Sagitarius

Sagitarius

Bakal muncul saingan-saingan baru yang mencoba menggesermu dari posisi peringkat saat ini.
Capricorns

Capricorns

Hayo, kok, masih boros, sih?
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!