Nelson Mandela, Pejuang Kesetaraan Ras

by :

Afrika Selatan, 1948. Terlahir sebagai warga kulit hitam di Afrika Selatan pada masa ini, merupakan kenyataan yang menyedihkan. Di masa itu, tengah diterapkan sistem politik Apartheid, sebuah sistem yang memisahkan ras antara milik kulit putih dan hitam. Segala bentuk kekuasaan dan pemerintahan dikendalikan oleh warga kulit putih. Sementara, warga kulit hitam nggak punya otoritas apapun. Mereka bahkan tidak boleh hidup dan bersekolah di tempat yang sama dengan warga kulit putih.

Melihat diskriminasi terhadap kaumnya, Nelson Rolihlahla Mandela, seorang keturunan suku Thembu menentang keras ketidakadilan tersebut. Pria kelahiran 18 Juli 1918 di Mvezo, Afrika Selatan ini, termasuk warga kulit hitam yang sukses mengenyam pendidikan hingga meraih gelar sarjana hukum di Johannesburg. 

Perjuangan Mandela melawan politik Apartheid dimulai sejak ia bergabung dalam African National Congress (ANC), tahun 1944. Kemampuannya dalam berbicara membuat Mandela, dipercaya sebagai pemimpin ANC, sekaligus memimpin perjuangan bagi isu rasisme di Afrika Selatan.

Selama memperjuangkan keadilan bagi kaum kulit hitam, ia seringkali mendapat kecaman keras dari pemerintah. Ia sempat beberapa kali ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara, karena dianggap sebagai pengacau yang ingin menggulingkan pemerintah. Saat ditahan, Mandela kerap mendapat perlakukan buruk.

Untungnya, perjuangan Mandela justru mendapat dukungan penuh dari ras kulit hitam di Afrika Selatan dan masyarakat internasional. Melihat dukungan yang luar biasa tersebut, Mandela pun dibebaskan pada tahun 1990, setelah menghabiskan waktu 27 tahun di penjara.

Perjuangannya setelah bebas, tetap berlanjut. Ia mengajak pemerintah melakukan negosiasi untuk mengakhiri Apartheid. Negosiasi itu disepakati dan warga kulit hitam berhasil mendapatkan hak yang sama dengan warga kulit putih. Bahkan, Mandela juga bekerja sama dengan Presiden Frederik Willem de Klerk (Presiden Afrika Selatan pada masa itu), untuk mempromosikan hubungan damai antara kulit hitam dan putih, hingga berhasil meraih Nobel Perdamaian pada tahun 1993. Mauito – Foto: SIPA Press

polling

Seragam Sekolah

Menurut kamu, masih penting atau nggak pakai seragam ke sekolah?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Tabungan dana darurat perlu ditambah lagi!
Pisces

Pisces

Oops! Rencana yang sudah kamu susun dengan baik sepertinya terancam gagal.
Aries

Aries

Tetap jaga komunikasi untuk cinta yang mulai bersemi ini, walaupun hanya pesan singkat aja. Jangan jaim.
Taurus

Taurus

Emosi nggak akan menyelesaikan masalah, tapi hanya membuat masalah yang ada makin pelik aja. Belajarlah untuk mengalah.
Gemini

Gemini

Nggak ada salahnya mendengarkan saran atau pendapat dari orang lain, tapi keputusan mutlah tetap ada di tangan kamu.
Cancer

Cancer

Belajar membedakan antara keinginan dan kebutuhan.
Leo

Leo

Jalani proses berbaikan dengan tulus dan pastikan kalian menjalankan kesepakatan yang telah dibuat.
Virgo

Virgo

Hindari memancing emosi si dia.
Libra

Libra

Kegagalan di satu hal akan diimbangi dengan keberhasilan di hal lainnya. Jangan patah semangat.
Scorpio

Scorpio

Ada pengeluaran tak terduga di tengah minggu.
Sagitarius

Sagitarius

Sikap lebay yang dimanis-maniskan malah membuatnya nggak tahan di dekatmu, lho.
Capricorns

Capricorns

Jangan terpengaruh dengan sikap sobat yang sedang menyebalkan. Dia bersikap begitu karena perasaannya yang lagi galau.
 
Next >   

More