Prometheus, Dewa Sahabat Manusia

by :

Kisah para dewa memang selalu menarik untuk didengar. Apalagi kisah tersebut sangat dekat dengan kehidupan kita. Seperti kisah Prometheus yang kabarnya adalah dewa yang membagi pengetahuan tentang kegunaan api kepada manusia. Apakah itu benar atau tidak, yang jelas kisah dewa Yunani kuno satu ini cukup seru untuk kita ketahui.

Dalam mitologi Yunani, Prometheus adalah seorang Titan, yaitu penguasa bumi sebelum dewa-dewi Olympus muncul.  Dia dikenal karena kecerdasannya, keahliannya serta kebaikannya terhadap manusia.  Jika bagi manusia, dia bagaikan superhero, tidak demikian bagi para dewa Yunani lainnya. Dia dianggap sebagai penentang dan penipu raja para dewa, Dewa Zeus.

Prometheus adalah anak dari Titan bernama Japetos dan Themis dari keturunan Okeanid. Konon katanya, Prometheus selalu ingin membantu umat manusia. Pernah diceritakan bahwa dalam sebuah upacara persembahan, Prometheus menipu Zeus. Dia meletakkan dua persembahan di Olimpia. Pertama berupa daging kerbau yang disembunyikan dalam perut sapi yang berarti makanan yang tersembunyi dalam bungkus yang menjijikkan. Kedua adalah tulang kerbau yang dibungkus dalam lemak mengkilat, yang artinya sesuatu yang nggak bisa dimakan namun dibungkus sesuatu yang menggiurkan.

Zeus memilih makanan yang kedua, sehingga manusia pun berhak menyimpan daging untuk mereka makan. Sementara, makanan yang dipersembahkan kepada para dewa adalah tulang yang dibungkus lemak. Marah karena merasa ditipu, Zeus menyembunyikan api dari manusia.  Namun, setelah minta izin dari Dewi Athena, Prometheus berhasil mendatangi Gunung Olimpus untuk mencuri sedikit api dan membagikannya pada manusia.

Karena perbuatannya itu, Prometheus harus menerima hukuman dari Zeus. Sebagai Titan yang immortal, dia pun menerima hukuman abadi dengan dirantai ke
sebuah batu dan seekor burung raksasa diperintahkan Zeus untuk selalu memakan hati Prometheus. Selama bertahun-tahun Prometheus selalu menderita karena hatinya selalu tumbuh lagi setelah dimakan si burung. Penderitaan Prometheus berakhir ketika Hercules (manusia setengah dewa) datang membunuh burung pemakan hati Prothemeus dan membebaskan Prometheus dari hukuman. Legita/Enny - Foto: Bettmann/CORBIS/ClickPhotos



polling

Seragam Sekolah

Menurut kamu, masih penting atau nggak pakai seragam ke sekolah?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Tabungan dana darurat perlu ditambah lagi!
Pisces

Pisces

Oops! Rencana yang sudah kamu susun dengan baik sepertinya terancam gagal.
Aries

Aries

Tetap jaga komunikasi untuk cinta yang mulai bersemi ini, walaupun hanya pesan singkat aja. Jangan jaim.
Taurus

Taurus

Emosi nggak akan menyelesaikan masalah, tapi hanya membuat masalah yang ada makin pelik aja. Belajarlah untuk mengalah.
Gemini

Gemini

Nggak ada salahnya mendengarkan saran atau pendapat dari orang lain, tapi keputusan mutlah tetap ada di tangan kamu.
Cancer

Cancer

Belajar membedakan antara keinginan dan kebutuhan.
Leo

Leo

Jalani proses berbaikan dengan tulus dan pastikan kalian menjalankan kesepakatan yang telah dibuat.
Virgo

Virgo

Hindari memancing emosi si dia.
Libra

Libra

Kegagalan di satu hal akan diimbangi dengan keberhasilan di hal lainnya. Jangan patah semangat.
Scorpio

Scorpio

Ada pengeluaran tak terduga di tengah minggu.
Sagitarius

Sagitarius

Sikap lebay yang dimanis-maniskan malah membuatnya nggak tahan di dekatmu, lho.
Capricorns

Capricorns

Jangan terpengaruh dengan sikap sobat yang sedang menyebalkan. Dia bersikap begitu karena perasaannya yang lagi galau.
 
Next >   

More