Prometheus, Dewa Sahabat Manusia

by :
Posted : June 28, 2012

Kisah para dewa memang selalu menarik untuk didengar. Apalagi kisah tersebut sangat dekat dengan kehidupan kita. Seperti kisah Prometheus yang kabarnya adalah dewa yang membagi pengetahuan tentang kegunaan api kepada manusia. Apakah itu benar atau tidak, yang jelas kisah dewa Yunani kuno satu ini cukup seru untuk kita ketahui.

Dalam mitologi Yunani, Prometheus adalah seorang Titan, yaitu penguasa bumi sebelum dewa-dewi Olympus muncul.  Dia dikenal karena kecerdasannya, keahliannya serta kebaikannya terhadap manusia.  Jika bagi manusia, dia bagaikan superhero, tidak demikian bagi para dewa Yunani lainnya. Dia dianggap sebagai penentang dan penipu raja para dewa, Dewa Zeus.

Prometheus adalah anak dari Titan bernama Japetos dan Themis dari keturunan Okeanid. Konon katanya, Prometheus selalu ingin membantu umat manusia. Pernah diceritakan bahwa dalam sebuah upacara persembahan, Prometheus menipu Zeus. Dia meletakkan dua persembahan di Olimpia. Pertama berupa daging kerbau yang disembunyikan dalam perut sapi yang berarti makanan yang tersembunyi dalam bungkus yang menjijikkan. Kedua adalah tulang kerbau yang dibungkus dalam lemak mengkilat, yang artinya sesuatu yang nggak bisa dimakan namun dibungkus sesuatu yang menggiurkan.

Zeus memilih makanan yang kedua, sehingga manusia pun berhak menyimpan daging untuk mereka makan. Sementara, makanan yang dipersembahkan kepada para dewa adalah tulang yang dibungkus lemak. Marah karena merasa ditipu, Zeus menyembunyikan api dari manusia.  Namun, setelah minta izin dari Dewi Athena, Prometheus berhasil mendatangi Gunung Olimpus untuk mencuri sedikit api dan membagikannya pada manusia.

Karena perbuatannya itu, Prometheus harus menerima hukuman dari Zeus. Sebagai Titan yang immortal, dia pun menerima hukuman abadi dengan dirantai ke
sebuah batu dan seekor burung raksasa diperintahkan Zeus untuk selalu memakan hati Prometheus. Selama bertahun-tahun Prometheus selalu menderita karena hatinya selalu tumbuh lagi setelah dimakan si burung. Penderitaan Prometheus berakhir ketika Hercules (manusia setengah dewa) datang membunuh burung pemakan hati Prothemeus dan membebaskan Prometheus dari hukuman. Legita/Enny - Foto: Bettmann/CORBIS/ClickPhotos



  • polling

    Berjualan di Sekolah

    Kamu malu nggak sih kalau berjualan di sekolah?

    kata zodiak

    Aquarius

    Aquarius

    Sudah saatnya ambil keputusan, mau lanjut atau putus.
    Pisces

    Pisces

    Tugas Pisces untuk memutuskan mana hal yang harus didahulukan, supaya kamu nggak pusing sendiri.
    Aries

    Aries

    Masih ada saja orang yang nyinyir sama kamu. Bikin serba salah, deh. Cobalah untuk lebih cuek. Mereka nggak worth it untuk didengarkan.
    Taurus

    Taurus

    Nggak perlu menceritakan masalahmu kepada semua orang. Nanti masalahnya malah semakin rumit.
    Gemini

    Gemini

    Cobalah bersikap lebih dewasa dan nggak meledak di tengah forum. Luapkan emosi dengan lebih elegan.
    Cancer

    Cancer

    Ortu dan saudara juga dikasih waktu buat family time, dong.
    Leo

    Leo

    Dikritik pedas sama pacar. Suasana memanas.
    Virgo

    Virgo

    Belajar mengatur uang lebih bijak, yuk.
    Libra

    Libra

    Mulai belajar cara mengatasi emosi pacar. Akhirnya, mengerti harus melakukan apa.
    Scorpio

    Scorpio

    Terlalu banyak beli barang pre order.
    Sagitarius

    Sagitarius

    Harus pintar bagi waktu supaya nggak keteteran.
    Capricorns

    Capricorns

    Saatnya buktikan ke orang-orang kalau kamu nggak cuma jago ngomong, tapi juga bisa action!
     
    Next >   

    More