Sehat Berbuka Puasa

by :
Posted : August 10, 2010

Setelah puasa seharian, kita nggak terlalu peduli dengan makanan atau minuman yang kita santap buat berbuka. Begitu dengar bunyi bedug maghrib, langsung deh, kita menyantap apa pun yang ada di depan kita.  Tapi, sebenarnya makanan dan minuman berbuka seperti apa sih, yang sehat buat kita?

Berbuka Dengan Yang Manis
Setiap kali berbuka puasa, kita selalu dianjurkan untuk makan atau minum sesuatu yang manis. Kenapa yah? Well,  sebenarnya ini ada hubungannya dengan kesehatan dan kesejahteraan perut kita.  Soalnya setelah berpuasa seharian, tubuh kita banyak kehilangan energi. Nah, makanya minum dan makan sesuatu yang manis, bakal membantu mengembalikan gula darah dalam tubuh, yang juga bakal diolah jadi energi.

Jangan Terlalu Ekstrim
Rasa haus setelah nggak minum seharian, bikin kita mau minum sesuatu yang menyegarkan atau dingin waktu berbuka. Idealnya, untuk berbuka puasa, kita sebaiknya nggak mengkonsumsi sesuatu yang suhunya ekstrim. Misalnya es yang terlalu dingin atau kolak yang terlalu panas. Soalnya kalau suhunya ekstrim, berarti tubuh kita butuh lebih banyak waktu untuk menyesuaikan. Sementara, di saat yang sama, tubuh kita harus segera menggantikan cairan yang hilang setelah puasa.

Jangan Berlebihan
Walaupun berbuka dengan sesuatu yang manis sehat dan mengenyangkan, kita tetap nggak boleh berlebihan saat berbuka puasa. Mengkonsumsi terlalu banyak gula saat berbuka, bikin perut kita kenyang banget! Biasanya sih kalau sudah begini, kita nggak bakal punya tempat lagi buat makan malam. Padahal kan selain gula, tubuh kita juga tetap perlu zat lain seperti karbohidrat, protein dan serat supaya pencernaan tetap lancar.
(Marissa/ Dok. Istimewa)

polling

Kain Khas Indonesia

Jenis kain khas Indonesia apa yang sering kamu pakai?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
Pisces

Pisces

Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
Aries

Aries

Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
Taurus

Taurus

Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
Gemini

Gemini

Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
Cancer

Cancer

Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
Leo

Leo

Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
Virgo

Virgo

Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
Libra

Libra

Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
Scorpio

Scorpio

Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
Sagitarius

Sagitarius

Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
Capricorns

Capricorns

Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!