Si Penjelajah Luar Angkasa, Neil Armstrong

by :

Pernah terbayang nggak, kalau kita bisa menginjakan kaki kita di bulan? Rasanya, sebelum  tahun 60-an, semua itu mustahil. Sampai, video seseorang  astronot bernama Neil Alden Armstrong yang sedang berjalan di bulan dipublikasikan. Sejak saat itu, para ilmuwan berlomba mengembangkan sains dan teknologi luar angkasa.

Nama Neil Armstrong menjadi legendaris ketika ia mengikuti misi pesawat luar angkasa, Apollo 11 pada Juli 1969. Bersama kedua rekannya, Michael Collins dan Buzz Aldrin, mereka berhasil mendarat di bulan dengan selamat. Tugas utamanya adalah mengabadikan kawah-kawah dan permukaan satelit bumi tersebut secara langsung untuk pertama kalinya.

Armstrong sendiri lahir di Wapakoneta, Ohio, 5 Agustus 1930. Sejak usia enam tahun Armstrong kecil sudah meperlihatkan ketertarikannya terhadap dunia angkasa. Mimpi sewaktu kanak-kanak  inilah yang mendorongnya jadi pilot Angkatan Laut AS saat Perang Korea 1950. Ketika perang usai, ia pun bergabung di NACA (National Advisory Committee for Aeronautics). Di tempat inilah ia menjadi astronot sekaligus teknisi dan administrator.

Pada 1962, Armstrong ditugaskan sebagai komandan pilot dalam misi Gemini 8. Pesawat luar angkasa ini diluncurkan 16 Maret 1966 dan berhasil merapatkan (docking) dua wahana di luar angkasa. Misi ini hampir mengalami kegagalan, saat roket pendorong wahana macet dalam kondisi terbuka. Hal ini menyebabkan pesawat berputar-putar di angkasa selama beberapa waktu.

Misi yang nyaris mengalami kegagalan tersebut, justru menjadi motivasi Armstrong dalam pelucuran roket Apollo 11. Setelah lebih dari lima tahun berlatih, akhirnya ia bisa menancapkan bendera AS dan melangkah di permukaan bulan. Hingga saat ia meninggal dunia pada 25 Agustus 2012 lalu, video keberhasilan Armstrong medarat di bulan, masih dibicarakan semua orang.  Aksi pria yang wafat di usia 82 tahun ini, membuat para ilmuwan terpacu untuk mealakukan pendaratan luar angkasa. Ayu – Bettmann/Corbis/ClickPhotos

polling

Seragam Sekolah

Menurut kamu, masih penting atau nggak pakai seragam ke sekolah?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Si pacar nggak hanya ada buatmu saat hari-hari bahagiamu. Tetapi dia juga selalu ada di saat kamu sedang terpuruk dan membutuhkan suntikan semangat.
Pisces

Pisces

Jangan jadi teman yang hanya muncul kalau sedang butuh saja, dong. Lama-kelamaan teman-teman bisa menjauh karena sifat kamu yang egois itu.
Aries

Aries

Jangan sampai kamu memendam perasaan sendiri. Bicara dan ungkapkan keluhan kamu agar nggak terjadi kesalahpahaman.
Taurus

Taurus

Pahami mana yang memang kebutuhan kamu dan mana yang hanya keinginan kamu.
Gemini

Gemini

Jangan lagi berharap pada orang yang nggak peduli padamu.
Cancer

Cancer

Ketika kamu selalu bisa bersyukur atas segala yang kamu miliki, bahagia itu akan muncul dengan sendirinya.
Leo

Leo

Periksa isi tabungan kamu setiap kali godaan belanja online muncul.
Virgo

Virgo

Terkadang sebuah kritik memang nggak mudah diterima begitu saja. Namun, ada baiknya kamu mendengarkan sebuah kritik dari orang terdekatmu itu kali ini.
Libra

Libra

Jangan meremehkan diri kamu karena kamu itu jauh lebih kuat dari apa yang kamu bayangkan.
Scorpio

Scorpio

Kamu jadi kepo hanya karena gosip yang kamu dengar. Tapi ingat, sikap kepo yang berlebihan malah bisa merusak hubungan kamu dengan si pacar yang tadinya baik-baik aja.
Sagitarius

Sagitarius

Liburan kali ini membuatmu harus menguras isi tabungan.
Capricorns

Capricorns

Jauhi rasa malas walaupun sedang menikmati liburan. Tetaplah bangun di pagi hari, berolah raga dan lakukan rutinitas seperti biasanya.
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!