Si Penjelajah Luar Angkasa, Neil Armstrong

by :
Posted : September 2, 2012

Pernah terbayang nggak, kalau kita bisa menginjakan kaki kita di bulan? Rasanya, sebelum  tahun 60-an, semua itu mustahil. Sampai, video seseorang  astronot bernama Neil Alden Armstrong yang sedang berjalan di bulan dipublikasikan. Sejak saat itu, para ilmuwan berlomba mengembangkan sains dan teknologi luar angkasa.

Nama Neil Armstrong menjadi legendaris ketika ia mengikuti misi pesawat luar angkasa, Apollo 11 pada Juli 1969. Bersama kedua rekannya, Michael Collins dan Buzz Aldrin, mereka berhasil mendarat di bulan dengan selamat. Tugas utamanya adalah mengabadikan kawah-kawah dan permukaan satelit bumi tersebut secara langsung untuk pertama kalinya.

Armstrong sendiri lahir di Wapakoneta, Ohio, 5 Agustus 1930. Sejak usia enam tahun Armstrong kecil sudah meperlihatkan ketertarikannya terhadap dunia angkasa. Mimpi sewaktu kanak-kanak  inilah yang mendorongnya jadi pilot Angkatan Laut AS saat Perang Korea 1950. Ketika perang usai, ia pun bergabung di NACA (National Advisory Committee for Aeronautics). Di tempat inilah ia menjadi astronot sekaligus teknisi dan administrator.

Pada 1962, Armstrong ditugaskan sebagai komandan pilot dalam misi Gemini 8. Pesawat luar angkasa ini diluncurkan 16 Maret 1966 dan berhasil merapatkan (docking) dua wahana di luar angkasa. Misi ini hampir mengalami kegagalan, saat roket pendorong wahana macet dalam kondisi terbuka. Hal ini menyebabkan pesawat berputar-putar di angkasa selama beberapa waktu.

Misi yang nyaris mengalami kegagalan tersebut, justru menjadi motivasi Armstrong dalam pelucuran roket Apollo 11. Setelah lebih dari lima tahun berlatih, akhirnya ia bisa menancapkan bendera AS dan melangkah di permukaan bulan. Hingga saat ia meninggal dunia pada 25 Agustus 2012 lalu, video keberhasilan Armstrong medarat di bulan, masih dibicarakan semua orang.  Aksi pria yang wafat di usia 82 tahun ini, membuat para ilmuwan terpacu untuk mealakukan pendaratan luar angkasa. Ayu – Bettmann/Corbis/ClickPhotos

polling

Perploncoan Setelah MOS

Setelah melewati masa MOS (Masa Orientasi Sekolah), apakah masih ada tradisi perploncoan di sekolahmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Mulai kewalahan dan pengin meminta bantuan. Tahan! Coba lakukan sendiri dulu, jangan bergantung ke orang lain.
Pisces

Pisces

Ada cowok lucu di tempat olahraga. Ciee…
Aries

Aries

Harus lebih santai menghadapi pacar yang uring-uringan.
Taurus

Taurus

Sudah yuk, move on saja dari si dia.
Gemini

Gemini

Tebar pesona mulu, nih. Pacar bete, tuh. Hihihi…
Cancer

Cancer

Sabar Cancer! Jangan mengambil keputusan merugikan atas nama teman-teman sekelas.
Leo

Leo

Tergoda official goods idola. Uang jajan rawan habis.
Virgo

Virgo

Ups, tersendat! Harus pintar mengatur pengeluaran.
Libra

Libra

Jangan galak-galak sama teman sekelas, dong.
Scorpio

Scorpio

Jangan membandingkan pacar dengan prince charming di drama Korea.
Sagitarius

Sagitarius

Bakal muncul saingan-saingan baru yang mencoba menggesermu dari posisi peringkat saat ini.
Capricorns

Capricorns

Hayo, kok, masih boros, sih?
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!