Sang Kiai

by :
Posted : May 29, 2013

Setelah masa penjajahan Belanda berakhir, rupanya Indonesia belum lepas dari masa penjajahan. Jepang datang bukan untuk membawa kebaikan, tapi membuat bangsa Indonesia makin menderita. Jepang melarang pengibaran bendera merah putih, melarang adanya lagu Indonesia Raya dan memaksa rakyat Indonesia untuk melakukan Sekerei (menyembah dewa matahari).


Tentu saja hal ini sangat ditentang oleh KH Hasyim Asy’ari (Ikranagara), yang merupakan tokoh besar agama yang memimpin perguruan Tebuireng, karena aturan Sekerei itu menyimpang dari ajaran agama Islam. Penolakan yang dilakukan Hasyim Asy’ari tersebut membuat tentara Jepang murka dan berinisiatif untuk menahan sang kiai.


Hasyim Asy’ari tetap pada pendiriannya, sehingga membuat tentara Jepang makin murka dan menyiksa beliau. Mengetahui kejadian itu, Harun (Adipati Dolken), murid kesayangan Hasyim Asy’ari di Tebuireng emosi dan mulai melakukan demo bersama para santri lainnya. Namun, cara itu nggak menyelesaikan masalah, malah menambah korban berjatuhan.


Akhirnya, KH Wahid Hasyim (putra Hasyim Asy’ari) berhasil memenangkan diplomasi dengan pihak Jepang dan Hasyim Asy’ari berhasil dibebaskan. Hasyim Asy’ari pun diangkat menjadi ketua Masyumi (Majelis Suryo Muslimin Indonesia). Kehidupan pun mulai membaik karena Hasyim Asy’ari bisa kembali ke Tebuireng, bertemu dengan istrinya, Nyai Kapu (Christine Hakim) dan menikahkan putrinya, Sarinah (Merina Febriani Batubara) dengan Harun.

Namun, perjuangan melawan penjajah nggak berakhir begitu saja. Jepang menggunakan Masyumi untuk menggalakkan bercocok tanam, sehingga hasil bumi bisa dilimpahkan kepada tentara Jepang. Gara-gara hal itu, rakyat Indonesia pun mengalami krisis panen.

Harun pun salah paham terhadap Hasyim Asy’ari, karena menganggap beliau mendukung kegiatan Jepang yang ingin merampas hasil bumi. Sehingga, Harun pun melakukan pemberontakan dengan keluar dari Tebuireng bersama Sarinah. Sejak saat itulah, Harun dan teman-teman jadi makin semangat melawan tentara Jepang, bahkan mereka sama sekali nggak takut mati!

Catatan sejarah Indonesia dari zaman penjajahan Jepang hingga Indonesia benar-benar lepas dari penjajah di film ini diceritakan secara lengkap dan detil. Penonton serasa kembali belajar pelajaran Sejarah dan seolah-olah ikut terhanyut di dalam kisah tersebut. Pesan moral dalam film ini pun sangat positif dan bisa membuat kita menghargai pengorbanan para pahlawan yang sudah habis-habisan melawan penjajah, bahkan sampai mengorbankan nyawa mereka.

Sang Kiai
Kategori: Film Bioskop
Sutradara: Rako Prijanto
Pemain: Ikranagara, Adipati Dolken, Christine Hakim, Merina Febriani Batubara
Rilis di Indonesia: 30 Mei 2013
Produksi: Rapi Film, 2013

Mariska Tracy – Foto: Dok. Rapi Film


polling

Perploncoan Setelah MOS

Setelah melewati masa MOS (Masa Orientasi Sekolah), apakah masih ada tradisi perploncoan di sekolahmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Mulai kewalahan dan pengin meminta bantuan. Tahan! Coba lakukan sendiri dulu, jangan bergantung ke orang lain.
Pisces

Pisces

Ada cowok lucu di tempat olahraga. Ciee…
Aries

Aries

Harus lebih santai menghadapi pacar yang uring-uringan.
Taurus

Taurus

Sudah yuk, move on saja dari si dia.
Gemini

Gemini

Tebar pesona mulu, nih. Pacar bete, tuh. Hihihi…
Cancer

Cancer

Sabar Cancer! Jangan mengambil keputusan merugikan atas nama teman-teman sekelas.
Leo

Leo

Tergoda official goods idola. Uang jajan rawan habis.
Virgo

Virgo

Ups, tersendat! Harus pintar mengatur pengeluaran.
Libra

Libra

Jangan galak-galak sama teman sekelas, dong.
Scorpio

Scorpio

Jangan membandingkan pacar dengan prince charming di drama Korea.
Sagitarius

Sagitarius

Bakal muncul saingan-saingan baru yang mencoba menggesermu dari posisi peringkat saat ini.
Capricorns

Capricorns

Hayo, kok, masih boros, sih?
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!