Sang Kiai

by :
Posted : May 29, 2013

Setelah masa penjajahan Belanda berakhir, rupanya Indonesia belum lepas dari masa penjajahan. Jepang datang bukan untuk membawa kebaikan, tapi membuat bangsa Indonesia makin menderita. Jepang melarang pengibaran bendera merah putih, melarang adanya lagu Indonesia Raya dan memaksa rakyat Indonesia untuk melakukan Sekerei (menyembah dewa matahari).


Tentu saja hal ini sangat ditentang oleh KH Hasyim Asy’ari (Ikranagara), yang merupakan tokoh besar agama yang memimpin perguruan Tebuireng, karena aturan Sekerei itu menyimpang dari ajaran agama Islam. Penolakan yang dilakukan Hasyim Asy’ari tersebut membuat tentara Jepang murka dan berinisiatif untuk menahan sang kiai.


Hasyim Asy’ari tetap pada pendiriannya, sehingga membuat tentara Jepang makin murka dan menyiksa beliau. Mengetahui kejadian itu, Harun (Adipati Dolken), murid kesayangan Hasyim Asy’ari di Tebuireng emosi dan mulai melakukan demo bersama para santri lainnya. Namun, cara itu nggak menyelesaikan masalah, malah menambah korban berjatuhan.


Akhirnya, KH Wahid Hasyim (putra Hasyim Asy’ari) berhasil memenangkan diplomasi dengan pihak Jepang dan Hasyim Asy’ari berhasil dibebaskan. Hasyim Asy’ari pun diangkat menjadi ketua Masyumi (Majelis Suryo Muslimin Indonesia). Kehidupan pun mulai membaik karena Hasyim Asy’ari bisa kembali ke Tebuireng, bertemu dengan istrinya, Nyai Kapu (Christine Hakim) dan menikahkan putrinya, Sarinah (Merina Febriani Batubara) dengan Harun.

Namun, perjuangan melawan penjajah nggak berakhir begitu saja. Jepang menggunakan Masyumi untuk menggalakkan bercocok tanam, sehingga hasil bumi bisa dilimpahkan kepada tentara Jepang. Gara-gara hal itu, rakyat Indonesia pun mengalami krisis panen.

Harun pun salah paham terhadap Hasyim Asy’ari, karena menganggap beliau mendukung kegiatan Jepang yang ingin merampas hasil bumi. Sehingga, Harun pun melakukan pemberontakan dengan keluar dari Tebuireng bersama Sarinah. Sejak saat itulah, Harun dan teman-teman jadi makin semangat melawan tentara Jepang, bahkan mereka sama sekali nggak takut mati!

Catatan sejarah Indonesia dari zaman penjajahan Jepang hingga Indonesia benar-benar lepas dari penjajah di film ini diceritakan secara lengkap dan detil. Penonton serasa kembali belajar pelajaran Sejarah dan seolah-olah ikut terhanyut di dalam kisah tersebut. Pesan moral dalam film ini pun sangat positif dan bisa membuat kita menghargai pengorbanan para pahlawan yang sudah habis-habisan melawan penjajah, bahkan sampai mengorbankan nyawa mereka.

Sang Kiai
Kategori: Film Bioskop
Sutradara: Rako Prijanto
Pemain: Ikranagara, Adipati Dolken, Christine Hakim, Merina Febriani Batubara
Rilis di Indonesia: 30 Mei 2013
Produksi: Rapi Film, 2013

Mariska Tracy – Foto: Dok. Rapi Film


polling

Punya Pacar Saat Valentine

Penting nggak punya pacar saat valentine?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Siap-siap jadi pasangan super romantis!
Pisces

Pisces

Dear Pisces, hope for the best, but prepare for the worst.
Aries

Aries

Hati-hati, jangan sampai terbawa arus pergaulan di lingkungan baru.
Taurus

Taurus

Mulai capek. Nggak ada perubahan status sampai sekarang.
Gemini

Gemini

Jangan terburu-buru memutuskan. Kamu belum yakin, kan?
Cancer

Cancer

Pacar mulai kepo isi smartphone. Kayaknya dia lagi curiga.
Leo

Leo

Ditaksir cowok keren di sekolah. Sabar menghadapi fans-nya, ya.
Virgo

Virgo

Wah, awal minggu ada cinta baru. Bikin deg-degan!
Libra

Libra

Wah, ada cowok menarik di tempat les.
Scorpio

Scorpio

Ada kesempatan buat part time.
Sagitarius

Sagitarius

Out of nowhere, sahabat cowok jadi terlihat lebih menarik.
Capricorns

Capricorns

Hei Capricorn, sifat pelupamu sudah mulai parah, nih. Hati-hati, hal ini bisa menyulitkanmu.
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!