Green Geoneration Toyota Eco Youth 9

by : Windy Yunika
Posted : September 17, 2015
Setelah melakukan berbagai rangkaian acara sejak bulan Oktober 2014, akhirnya pemenang kompetisi Toyota Eco Youth (TEY) 9 resmi diumumkan pada acara awarding tanggal 1 Agutus 2015 lalu di Atrium Mall Gandaria City, Jakarta. TEY 9 yang bertema Green Geonation ini berhasil melahirkan para juara yang kreatif dan cinta lingkungan.

Toyota Eco Youth adalah komitmen Toyota Indonesia untuk membangun generasi muda dalam hal pelestarian lingkungan hidup melalui kompetisi. TEY pertama kali diadakan pada 2005 dan sekarang sudah memasuki tahun ke-9. Ajang ini berhasil membuktikan bahwa anak muda Indonesia adalah generasi yang peduli dengan lingkungan serta mampu menciptakan karya-karya yang kreatif dan inovatif dalam menuntaskan berbagai masalah lingkungan.
Dari 1.709 proposal ide bertema lingkungan yang masuk, para juri akhirnya memilih 20 finalis.  Para finalis diberi kesempatan untuk mengikuti workshop untuk merealisasikan proposal mereka dengan mendapat bantuan dana dan bimbingan dari Toyota Indonesia. Setelah kurang lebih 3 bulan melakukan penelitian, membuat karya ilmiah dan presentasi di depan juri, akhirnya tercetuslah 6 juara dari dua kategori yang dilombakan, yaitu kategori Science Project dan kategori Social Project. Yuk kita kenalan dengan mereka, para Green Geoneration!
                                               
KATEGORI  SOCIAL PROJECT
Juara 1 & Best of the Best
SMAN 19 Bandung – Babarengan 19
Berangkat dari sebuah ide sederhana untuk mengurangi kemacetan di Bandung, lahirlah proyek Babarengan 19 dari teman – teman SMAN 19 Bandung, Fariz dan Nirwan. Sebuah proyek dengan konsep mengajak para warga sekolah yang memiliki kendaraaan pribadi seperti motor dan mobil, untuk memberikan tumpangan buat temen- temen mereka yang nggak bawa kendaraan pribadi dan naik transportasi umum.
JUARA 2
SMAN 5 Surabaya – Cyber Nature
Proyek Cyber Nature Network dari SMAN 5 Surabaya ini, mengajak anak muda untuk lebih peduli dengan lingkungan melalui video edukasi. Salsa dan Alya dari SMAN 5 Surabaya mencoba membuat video yang berisi edukasi tentang peduli lingkungan lewat kegiatan sehari-hari.
JUARA 3
SMAN 1 Ubud – Bike & Walk, Solusi Pencegahan Alih Fungsi
            Sulitnya untuk mempertahankan warisan budaya di tengah arus majunya teknologi dan tingginya tingkat wisatawan di Bali, membuat Ayu dan Mayuni, teman – teman kita dari SMAN 1 Ubud, Bali menciptakan gerakan Save Subak. Subak adalah sistem irigasi bercocok tanam warisan budaya Indonesia.
 
KATEGORI SCIENCE PROJECT
JUARA 1
SMAN 6 Denpasar – Pengolahan Limbah Upacara Yadya
Putra dan Wisnu, siswa SMAN 6 Denpasar, membuat proyek Pengolahan Limbah Upacara Yadya. Dari sisa sesajen (Canang Sari), kedua siswa ini mengubahnya menjadi genteng alternatif.
JUARA 2
SMAN 1 Blora – Kincir Angin Sumbu Vertikal dan Solar Cell Sebagai Pembangkit listrik Pada Perangkap Serangga
Dinar dan Fadhiela dari SMAN 1 Blora termotivasi untuk membuat sebuah alat yang berguna untuk para petani di Blora memecahkan masalah hama atau serangga. Pembuatan perangkap serangga ini diawali dengan cara mencari listrik untuk persawahan yang jauh dari pemukiman, sehingga dinamai Kincir Angin Sumbu Vertikal dan Solar Cell Sebagai Pembangkit listrik. 
JUARA 3
SMAN 6 Banjarmasin - Penetralisir Air Asam Rawa Gambut Menjadi Air Layak Konsumsi
                Kondisi yang kurangnya air layak konsumsi di Banjarmasin membuat Eni dan Ribka dari SMAN 6 Banjarmasin menciptakan sebuah solusi untuk mendapatkan air layak konsumsi. Mereka menciptakan sebuah alat untuk menetralisir air asam rawa gambut menjadi air bersih yang layak dikonsumsi.
Foto: Dok.ToyotaEcoYouth
 
 

polling

Green Geoneration Toyota Eco Youth 9

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!