Youth of Indonesia Ajak Anak Muda Aktif Berpolitik dalam #MemilihBersamaYOI

by : Anisya Fitrianti
Posted : March 16, 2019
 Nggak kerasa, setiap hari kita semakin dekat dengan momen besar, yakni Pemilu 2019 yang jatuh pada 7 April 2019. Pada tanggal tersebut, setiap Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki KTP atau berusia 17 tahun berhak lho, untuk ikut memberi suara dalam Pemilu. Buat anak-anak muda, Pemilu 2019 ini bakalan jadi momen pertama dalam memilih pemimpin. Tapi sejauh mana ya, anak muda paham soal Pemilu?
 
Nah, biar anak-anak muda bisa lebih ‘melek’ dan berpartisipasi aktif dalam politik, Youth Of Indonesia (YOI) menggelar seminar pada Sabtu, 23 Februari kemarin. Berjudul Seminar YOIHak Politik 101: #MemilihBersamaYOI dan diselenggarakan di Kantin Diplomasi Kementrian Luar Negeri, Jakarta Pusat, acara ini mendatangkan sejumlah pembicara yang keren.
 
Seperti Arya Fernandes (Peneliti di Departemen Politik & Perubahan Sosial Center for and International Studies – CSIS), Ratu Dyah Ayu Widyaswari (Direktur Eksekutif We The Youth), serta Jefri Nichol  sebagai perwakilan dari pemilih pemula. Seminar ini pun dipimpin oleh  Gustika Fardani, selaku Dewan Pembina YOI.
 
Chelsea Islan, selaku President Youth of Indonesia, pun turut hadir dan menyambut seluruh peserta seminar. “Semoga dengan diselenggarakannya acara ini, anak-anak muda Indonesia akan lebih paham terkait isu politik dan menjadi pemilih yang cerdas,” ungkap Chelsea. 
 
Selanjutnya, Arya Fernandes pun memaparkan beberapa materi seputar Pemilu. Mulai dari sejarah Pemilu, perubahan sistem Pemilu di Indonesia, sampai ke alasan kita harus berpartisipasi dalam Pemillu.
 
“Memilih merupakan bentuk partisipasi politik. Selain itu, kita juga dapat menentukan arah kebijakan pemerintah yang terpilih ke depan, menentukan arah kebijakan legislasi nasional, serta menunaikan hak dasar politik sebagai warga negara,” jelas Arya.
 
Arya juga mengingatkan anak-anak muda agar nggak fokus dengan pemilihan Presiden saja. “Di Bulan April nanti, selain Pilpres (Pemilihan Presiden), ada juga pemilihan legislatif. Nah dari sekarang, pelajari nama dari calon-calon legislatif yang ada di daerah kalian,” tambahnya.
 
Soalnya, di tahun 2019 ini bakalan ada lebih dari 500 kursi di DPR. So, jangan sampai kelewatan kesempatan kita untuk menentukan siapa yang layak mewakili suara rakyat di  DPR.
 
Nggak hanya itu, Ratu Dyah juga mengingatkan anak-anak muda biar nggak memilih untuk golput. “Golput itu memang boleh-boleh saja. Tapi aku melihatnya, kita kan, sudah dikasih hak, kalau nggak digunakan sayang banget. Kalau golput, hak suaranya berisiko untuk disalahgunakan,” jelasnya.
 
Seminar ini juga membuka sesi diskusi bagi para peserta. Saat sesi diskusi dibuka oleh Gustika, banyak banget peserta yang aktif bertanya seputar suasana politik yang makin panas ini. Mulai dari persoalan infrastruktur, kebebasan berekspresi, politik di sosial media, dan masih banyak lagi. 
 
Di akhir acaraa, Jefri Nichol berbagi tips khusus nih buat sobat GADIS yang tahun ini jadi pemilih pemula seperti dirinya. “Pertama, liat visi dan misi mereka. Nggak cuma yang berunsur makro, tapi juga mikro. Lebih spesifik. Lihat mereka concern-nya di bidang apa.
 
Kedua, lihat juga track record mereka. Apa yang sudah mereka lakukan selama ini. Dan yang ketiga, lihat orang-orang di sekitarnya karena lingkungan itu berpengaruh. Itu sih tips yang penting menurutku,” tutup Jefri.
 
So, seberapa siap kamu untuk memilih dalam Pemilu?
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Anisya Fitrianti

Baca juga:

Topic

#eventupdate , #politikituseru

polling

Youth of Indonesia Ajak Anak Muda Aktif Berpolitik dalam #MemilihBersamaYOI

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!