Putu Clara Shinta

by :
Posted : February 6, 2014

Siapa bilang peneliti selalu terlihat geek dan tua? Buktinya Putu Clara Shinta bisa menjadi salah satu peneliti berbakat di usianya yang masih muda. Cewek yang aktif di berbagai lomba  memang menyukai dunia IPA sejak dini.

“Aku suka sama hal-hal yang berhubungan dengan pengetahuan alam”, ungkap siswi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta ini. Ketertarikannya pada bidang science berawal saat dia mengikuti ekskul Science Club di sekolah. Pertama kali join, Putu mengira kegiatan ekskul science club hanya sekedar mengerjakan soal saja.

“Aku pikir anggota science club hanya akan mengerjakan soal-soal IPA saja ternyata ada kegiatan penelitiannya juga. Dari situ aku mulai tertarik melakukan penelitian”, katanya antusias.

Mulai saat itu, Putu aktif dalam penelitian dan akhirnya mengikuti Lomba Peneliti Belia di Yogyakarta. Dia menggunakan kulit petai dan daun sirih merah sebagai bahan penelitiannya. “Awalnya, aku mau meneliti kulit petai yang memiliki kandungan zat penghilang kanker tapi karena aku masih SMA dan takutnya penelitianku jadi berat, akhirnya aku menambahkan daun sirih merah. Khasiatnya untuk mengatasi ambeien.”, kata cewek yang berasal dari Sumatera ini.

Meskipun capek dan menemukan banyak kesulitan saat penelitian, tapi cewek kelahiran 19 April 1997 ini nggak kapok mengikuti kegiatan penelitian lagi. Bahkan, Putu sedang mempersiapkan diri untuk Lomba Penelitian Belia tingkat Nasional dan Internasional. “Sekarang aku sedang sibuk mempersiapkan diri untuk Lomba Penelitian tahap berikutnya”, tutur pemilik akun twitter @clara_shigel ini semangat.

Fun facts:
  • Bahan penelitiannya pernah dicoba untuk penderita varises.
  • Putu ternyata suka nge-dance juga, lho!
  • Hobi banget travelling dan mendengarkan musik. Putu sudah menjelajah ke berbagai tempat di Sumatera, hanya Aceh yang belum dikunjungi.
  • Menjabat sebagai wakil asrama di asrama sekolahnya.
Pernah melakukan aksi berani dan inspiratif seperti Clara? Klik di sini dan ceritakan aksi kamu. Psst, untuk aksi yang paling keren dan inspiratif akan ditampilkan di website GADIS. Winda – Foto: Dok. Pribadi


polling

Putu Clara Shinta

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!