Aileen dan Ailcia, Dua Remaja Putri Indonesia Temukan Aplikasi Teknologi Nano untuk Kehidupan yang Lebih Baik

by : Nadyne Ovinda Adityasari
Posted : February 12, 2020
Nanotechnology, terdengar begitu asing? Well, kalau kamu masih merasa asing dengan hal ini, berbeda banget dengan dua remaja putri Indonesia, yaitu Alicia Chan (15 tahun) dan Aileen Bachtiar (16 tahun). Kita dengar kisah mereka dengan teknologi nano ini, yuk!
 
Teknologi nano masih belum popular di Indonesia dan masih dipandang sebelah mata. Padahal, teknologi nano dapat memberikan kemudahan bagi manusia untuk hidup lebih baik di masa depan, lho.
 
Teknologi nano merupakan teknologi yang menggunakan skala nano atau sepersemilyar dengan sifat material pada ukuran nano atau atom. Jika suatu material dibuat dalam ukuran nano, maka akan memungkinan terciptanya material dengan sifat-sifat baru yang luar biasa.
 
Alicia dan Aileen melakukan penelitian teknologi nano saat mengikuti sekolah musim panas di Columbia University dan University of Pennsylvania, Amerika Serikat pada bulan Juli 2019 selama 21 hari. Nah, siswi kelas 11 Jakarta Intercultural School ini pun mulai jatuh cinta dengan teknologi yang ternyata sudah diterapkan di beberapa bidang, lho!
 
“Menurut aku, perkembangan teknologi di Indonesia masih tertinggal jauh dari negara tetangga. Pada saat mengikuti sekolah musim panas di Columbia University, saya merasakan perbedaan yang sangat jauh di pemanfaatan teknologi. Padahal, pemanfaatan teknologi bisa sangat membantu kehidupan masyarakat,” ujar Alicia.
 
Selama berada di Columbia University, ada satu penelitian yang menarik perhatian Alicia, yaitu Superhydrophobicity, yaitu penelitian yang membuat sebuah benda memiliki permukaan anti-air.
 
Salah satu hasilnya adalah cairan spray Superhydrophobicity, yang jika disemprotkan ke suatu benda maka benda tersebut akan memiliki tekstur nano, seperti daun lotus.
Nama teknik ini adalah Biomimicry, di mana karakteristik organisme (lotus) ditiru untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari.
 
Aplikasi dari cairan spray Superhydrophobicity ini dapat diaplikasikan ke segala permukaan apapun sebagai anti bocor, salah satu contohnya adalah atap rumah.
 
Sementara Aileen Bachtiar menemukan bentuk alternatif lain pengawet makanan, yaitu Nanopartikel Perak untuk pembuatan minuman anggur. Aileen sejak lama tertarik dalam bidang makanan dan minuman. Pada saat belajar tentang teknologi nano di University of Pennsylvania, Aileen kagum dengan potensi aplikasi teknologi nano di bidang makanan.
 
“Target penelitian saya adalah menemukan bentuk alternatif pengawet lain yang efektif sebagai pengganti sulfit, sehingga dapat mengurangi efek berbahaya bagi kesehatan. Nanopartikel Perak mempunyai properti anti-bakteri untuk membunuh kuman bahaya pada proses fermentasi anggur,” ujar Aileen.
 
Solusi Nanopartikel Perak (yang dibuat dari ion perak) juga bisa diterapkan pada makanan atau minuman lain. Seperti pada kemasan makanan yang dapat meningkatkan umur simpan makanan, juga pada obat (farmasi) yang dapat memungkinkan penyerapan obat oleh tubuh manusia menjadi lebih maksimal. Dari sebuah riset telah terbukti bahwa Nanopartikel Perak aman dikonsumsi.
 
Dari penelitian Alicia dan Aileen telah dibuktikan bahwa teknologi nano bermanfaat bagi kehidupan karena kemampuannya untuk meningkatkan efektivitas dalam berbagai bidang. Penerapan teknologi ini akan memberikan nilai lebih bagi kehidupan manusia.
 
They both really make Indonesia proud! Sukses untuk penelitian pengembangan kedepannya, ya!
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Banyu Communications
 
Baca Juga:

Topic

#Trivia , #ItGirl

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!