Sasha Gautama, Perkenalkan Sabun Bali sampai Internasional

by : Christine Natalia
Posted : April 17, 2016
Kecintaannya akan produk lokal dan keinginannya untuk menyejahterakan bangsa Indonesia membuat Sasha Gautama berhasil memperkenalkan sabun buatannya yang berbahan dasar anggur dari Bali sampai ke mancanegara.
 
Bermula dari keikutsertaannya dalam Regional Student Company Competition, cewek yang akrab dipanggil Sasha ini berhasil terpilih sebagai pemenang. Dalam program Youth Entrepreneurship Initiative yang diadakan oleh Citi Peka dan Prestasi Junior Indonesia ini, siswa-siswi di Bali berkompetisi untuk berkreasi dalam bidang kewirausahaan.
“Waktu ikutan kompetisi ini, aku dan timku melakukan survey untuk mencari tahu bisnis apa yang akan kita buat. Hasilnya menyebutkan bahwa produk primer yang masih dicari masyarakat. Kebetulan salah satu anggota tim aku punya bisnis sabun. Akhirnya kita memutuskan membuat sabun dengan varian anggur dari Bali. Kemasannya pun dibuat dengan motif kain Endek dari Bali.” Kata pemilik akun Instagram @sashaagautama ini.

Setelah 3 bulan kompetisi berlangsung dan melawan 4 sekolah di Bali, tim Sasha dari SMKN 4 Denpasar berhasil mendapat juara pertama dan 11 penghargaan. Sasha dan tim-nya juga mendapat golden ticket untuk ke Jakarta dan berhadapan dengan 11 tim lainnya se-Indonesia.
Cewek yang berencana kuliah di Universitas Katolik Parahyangan jurusan Hubungan Internasional ini sampai berkunjung ke perkebunan Anggur terbesar di Bali untuk survey. Di sana ia melihat banyaknya buah-buah panen yang terbuang karena dirugikan oleh perusahaan wine. Mlelihat kesempatan itu, Sasha dan tim akhirnya mengambil buah-buah tersebut untuk menjadi bahan dasar produk sabunnya yang diberi nama Balitural.

Di Jakarta pun, Sasha berhasil keluar sebagai pemenang dan mendapat kesempatan untuk bertanding di Korea Selatan menghadapi tim se-Asia Tenggara. Meskipun nggak menang, tSasha dan timnya berhasil bertemu dengan mantan Duta Besar Saudi Arabia yang tertarik membantu memasarkan produk Balitural ini ke Internasional. Wow!

Sekarang, sabun buatan Sasha dan tim berhasil masuk ke dua hotel di Bali yaitu Aquarius Beach Hotel dan Maxone Legian Hotel. Dengan bantuan Cantika Bali Spa dalam proses produksi, cewek kelahiran 25 November 1999 ini berharap akan dapat membantu mengangkat perekonomian petani lokal di Bali.

Fun Facts:
- Sasha memang hobi berorganisasi dan debat.
- Cita-citanya pengin jadi Duta Besar, lho.
- Anak pertama dari 2 bersaudara ini juga punya hobi menyanyi dan shopping.
- Sasha pernah meraih juara Top 10 Debate Speaker SMK Se-Bali pada tahun 2015
- Nama lengkap Sasha adalah Salmanitta Rizki Aatila Gautama. Panjang ya. Hehehe..
 
Pernah melakukan aksi inspiratif seperti Sasha? Klik di sini dan ceritakan aksi kamu. Psst, untuk aksi yang paling keren dan inspiratif akan ditampilkan di website GADIS. Foto: Dok. Pribadi

polling

Sasha Gautama, Perkenalkan Sabun Bali sampai Internasional

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!