4 Fakta Dugong Yang Perlu Diketahui

by : Ayu
Posted : August 24, 2017
Pastinya, pernah dengar legenda putri duyung, dong. Ternyata, duyung benar-benar ada di dunia nyata, lho. Hewan yang satu ini biasa disebut dugong. Cek yuk, beberapa fakta menarik soal dugong.
 
Dugong Nggak makan Daging
Dugong termasuk dalam golongan hewan mamalia, lho. Soalnya, hewan laut ini berkembang biak degan cara melahiran. Dugong pun menyusui anak-anaknya. Selain itu, dugong juga termasuk dalam golongan hewan herbivora alias pemakan tumbuhan.
 
Makanan favorit hewan bernama Latin Dugong dugon ini dalah seagrass atau lamun. Ini adalah sejenis tumbuhan berbunga mirip rumput yang bertahan hidup di dalam air laut. Biasanya sih, mamalia ini akan memilih seagrass yang punya kadar garam tinggi dan nggak terlalu mengandung air segar.
 
Dugong Bekurang
Menurut WWF Indonesia, dugong sangat lamban ketika berkembang biak. Dalam kurun waktu 2,5-5 tahun, hewan ini hanya bisa menghaslkan 1 keturunan. Itu pun harus berada di dalam kandungan selama 14 bulan. Setelah lahir pun, dugong membutuhkan waktu 10 tahun untuk menjadi dewasa.
 
Dugong juga bergerak dengan lamabat. Ini yang memudahkan hewan predator mudah untuk memangsanya. Apalagi dugong muda yang lebih mudah dijadikan mangsa. Itu yang membuat mamalia ini menjadi langka.
 
Dugong Dilindungi
Selain proses reproduksinya yang lambat, dugong juga sering menjadi incaran para pemburu liar. Soalnya, daging, air mata, minyak dan taring hewan ini bernilai ekonomi tinggi. Minyak dugong bisa digunakan sebagai obat TBC. Sedangkan tarinya digunakan sebagai pipa rokok.
 
Perburuan liar hewan laut ini membuat pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan. Ada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya hayati dan ekosistemnya serta Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan. Kabarnya sih, jumlah dugong di Indonesia hanya tinggal 1000 ekor.
 
 
Dugong Setia Banget
Dia-diam dugong adalah hewan yang setia. Mamalia air ini hanya kawin dengan pasangannya satu kali alias monogami. Bahkan, dugong bisa hidup bersama pasangannya hingga usia 70 tahun, lho. Katanya sih, dugong bakal sedih banget ketika ditinggal pasangannya.
 
Editor: Leoni Sihombing – Foto: Dok. Pixabay
 
Baca Juga:

Topic

#trivia , #dugong , #hewan

polling

4 Fakta Dugong Yang Perlu Diketahui

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.