5 Akibat Perusakan Hutan

by : Dian Nurlizta
Posted : October 29, 2015
Siapa yang suka pakai baju tipis karena kegerahan? Ternyata, hal ini merupakan salah satu reaksi kita akibat perusakan hutan. Meski tinggal di pemukiman kota dan jauh dari hutan, ada akibat perusakan hutan yang bisa kita rasakan.
 
Kabut Asap
Yup, ini yang dirasakan warga Riau dan wilayah Sumatera Selatan lainnya. Kabut asap terjadi akibat deforestasi. Maksudnya, hutan dibakar dalam jumlah besar demi membuat lahan untuk aktivitas baru. Misalnya, pemukiman penduduk, perkebunan atau pertanian. Deforestasi memang cara paling mudah dan murah untuk membuka lahan baru. Sayangnya, hal ini membuat hak kita untuk menghirup udara bersih diambil, nih. Bahkan, teman-teman kita di sana sudah mulai mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat perusakan hutan.
 
Kekurangan Air Bersih
Tahu kan, kalau pohon berperan penting dalam menampung air hujan? Inilah yang bikin air dapat digunakan kembali dalam porsi tepat oleh manusia. Bahkan, menurut penelitian North Carolina State University, Amerika Serikat, pohon dan hutan juga berfungsi mengurangi polusi air, lho. Makanya, kalau terjadi perusakan hutan, manusia akan kekurangan air bersih.
 
Bencana Alam
Nah, pepohonan dan hutan juga berperan menahan tanah, supaya tetap berada di tempatnya, terutama pohon berakar kuat. Kalau pohon ditebang, maka tanah akan turun ke tempat lebih rendah dan mengakibatkan longsor. Selain itu, karena nggak ada penampung air lagi, risiko banjir jadi lebih tinggi.
 
Hewan Kehilangan Habitat
Nggak hanya manusia yang merasakan kerugian akibat perusakan hutan. Hewan dan tumbuhan juga mengalaminya. Menurut data National Geographic, 70% jenis hewan dan tumbuhan tinggal di dalam hutan. Makanya, kalau hutan ditebangi, populasi mereka terancam punah. Bahkan, hewan liar juga bisa memasuki pemukiman manusia karena kesulitan mencari makanan dan tempat tinggal.
 
Perubahan Iklim
Efek perusakan hutan di satu tempat akan terasa sampai penjuru dunia. Salah satunya melalui perubahan iklim drastis. Saat lahan hutan berkurang, kita akan merasa semakin gerah dan panas, karena nggak ada pepohonan yang menghalangi sinar matahari. Selain itu, perusakan hutan juga mempercepat global warming. Soalnya, menurut Michael Daley, Associate Professor of Environmental Science dari Lasell College, Amerika Serikat, perusakan hutan menjadikan jumlah pohon yang mengubah karbon monoksida dan karbon dioksida menjadi oksigen berkurang.
Jadi, mulai hemat kertas, tissue dan produk olahan kayu lainnya agar pohon-pohon di hutan nggak semakin dirusak, yuk! Editor: Fransiska Soraya – Foto: Fotosearch

polling

5 Akibat Perusakan Hutan

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!