Burung Kiwi

by :
Posted : September 30, 2014

HIhihi. Jangan sampai tertipu dengan namanya ya. Karena nggak cuma buah yang punya nama Kiwi, ada juga jenis burung yang punya nama yang sama. Seperti apa bentuk dan keunikannya?

Burung asal Selandia Baru ini, punya bentuk tubuh yang unik. Beratnya hanya sekitar 2-5 kg saja. Tubuhnya penuh bulu lembut dengan paruh panjang dan hidung yang terletak di ujung hidungnya. Anehnya, meskipun termasuk jenis burung, Kiwi nggak bisa terbang lho. Sayapnya sangat kecil dan tertutup bulunya yang lebat. Jadi terlihat, burung ini seolah-olah nggak punya sayap. Soalnya Kiwi nggak punya otot untuk terbang. Makanya, burung ini digolongkan dalam jenis Ratit.

Kiwi termasuk hewan nokturnal yang baru muncul di malam hari untuk mencari makanan. Makanan favorit Kiwi yaitu buah kecil, cacing tanah, serangga, dan ikan-ikan berukuran kecil. Nah, untuk mencari mangsanya, Kiwi mengandalkan indra penciumannya lewat dua lubang hidung yang terletak di ujung paruhnya yang panjang.

Kiwi adalah salah satu hewan setia atau monogami, lho. Tapi, kalau menemukan burung Kiwi yang lebih baik, burung ini bisa berpaling ke betina lainnya. Biasanya, di musim kawin yang jatuh bulan Maret sampai bulan Juni, Kiwi jantan akan mengeluarkan bunyi-bunyi menandakan wilayah kekuasaannya untuk memikat betina.

Dalam sekali reproduksi, hewan yang bisa hidup sampai 40 tahun ini hanya bertelur satu kali saja. Tapi, jenis burung ini bisa berteluar lagi setelah 4-6 minggu setelah bertelur Uniknya, Kiwi jantan yang mengerami telur-telur tersebut selama kurang lebih 2-3 bulan lamanya.

Fun facts:
  • Nama Kiwi, ternyata berasal dari suara burung kecil ini yang terdengar seperti bunyi “Ki-Wi”. Unik!
  • Kiwi “junior” bisa langsung mandiri beberapa hari setelah menetas. Meskipun mereka masih berada di sekitar sarang induknya.
  • Nggak cuma mengerami, ternyata Kiwi jantan juga bertugas membersihkan sarang dan menemani Kiwi “junior” mencari makanannya, lho.
  • Karena semakin sulit ditemukan, oleh pemerintah selandia baru, Kiwi dijadikan salah satu hewan nasional yang dilindungi. Bahkan burung ini dijadikan lambang perusahaan atau lembaga yang ada di Selandia Baru. Satu lagi, di negara-negara lain, istilah “Kiwi” dipakai untuk menyebut orang-orang Selandia Baru yang ada di negara mereka.
Dewianataria - Foto: Neil Farrin/corbis/clickphotos


polling

Burung Kiwi

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!