Nuklir, Sahabat atau Musuh?

by :
Posted : February 4, 2010
Katanya, semua hal di dunia ini punya sisi positif dan negatif. Nah, gimana dengan teknologi nuklir yang menghancurkan Hiroshima Nagasaki?
 
Teknologi nuklir memang terdengar seram, ya. Apalagi kalau kita ingat sejarah pemboman kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Radiasi mematikan pun meracuni kedua kota tersebut. Namun ternyata, teknologi ini bisa mendatangkan manfaat bagi kita. Tinggal seberapa bijak manusia menggunakan dan memanfaatkan teknologi ini. Ia bisa menjadi sahabat, tapi juga menjadi musuh yang mematikan!

Sahabat bumi karena:

* Nuklir bisa menjadi sumber energi listrik yang dahsyat, namun sangat sedikit mengeluarkan polusi emisi CO2 dan gas kimia ke udara dibandingkan listrik bertenaga batu bara, gas dan minyak. Jadi, teknologi ini membuat udara menjadi lebih bersih dan mengurangi dampak efek rumah kaca.

* Teknologi nuklir bisa digunakan dalam pembibitan tanaman unggul. Teknik mutasi dengan radiasi nuklir pada tanaman dapat digunakan untuk membantu memperbaiki beberapa sifat tanaman yang tidak menguntungkan. Hasilnya tanaman pangan seperti padi dan kedelai bisa tahan terhadap hama.

* Partikel di dalam nuklir dapat dikembangkan menjadi bahan suplemen makanan untuk hewan ternak. Suplemen dari nuklir ini bisa meningkatkan kadar protein dan kekebalan tubuh hewan ternak seperti sapi, kambing dan domba sehingga mereka jarang sakit dan semakin produktif.     



Musuh bumi karena:

* Nuklir adalah zat yang mudah meledak. Sedikit saja terjadi kebocoran atau ada pemicu api, akan terjadi ledakan besar yang melontarkan semua radiasi nuklir ke alam.
    
* Radiasi radioaktif yang dipancangkan nuklir dapat menyebar mudah dan sangat beracun bagi udara, air dan tanah. Akibat yang ditimbulkan dari radiasi ini adalah pemicu penyakit kanker dan leukemia pada manusia.
    
* Radiasi nuklir juga dapat mengubah bentuk sel-sel genetik pada hewan dan tumbuhan. Contohnya, para ilmuwan menemukan perubahan genetik pada tanaman di sekitar lokasi pabrik nuklir di Ukraina yang meledak pada tahun 1986. Parahnya, keturunan dari tanaman tersebut juga ikut mengalami perubahan genetik ini. (Legita)
       

 

polling

Nuklir, Sahabat atau Musuh?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.