Satu Bahasa, Bahasa Indonesia

by :
Posted : October 10, 2013

“Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia”. Hayoo, masih ingat dengan penggalan bunyi Sumpah Pemuda yang satu ini? Jaman makin berubah, Bahasa Indonesia juga ikut berubah. Dalam keseharian, kita sering mendengar bahasa gaul atau bahasa alay mulai jadi trend.

Tapi, ingat jangan sampai trend ini bikin kita lupa sama bahasa bangsa sendiri. Yuk! Tingkatkan kemampuan berbahasa kita dengan cara:
  • Saling mengingatkan bagaimana cara berbahasa yang baik. Menggunakan bahasa gaul, membuat kita kurang peka bahwa kebiasaan ini sudah merusak bahasa baku Indonesia. Coba deh, ingatkan teman dan diri sendiri, saat kita mulai kebablasan dan mulai lupa cara berbahasa yang benar.
  • Belajar dari lingkungan sekitar. Kita bisa memperhatikan saat guru mengajar di depan kelas, atau saat papa, mama kita berbicara dengan tetangga dan teman kerja mereka. Coba perhatikan bagaimana mereka menggunakan bahasa baku Indonesia yang baik dan benar.
  • Berlatih berbahasa yang baik dan benar. Nggak masalah kalau bahasa gaul digunakan dalam percakapan sehari-hari. Tapi, jangan sampai kebablasan. Gunakan sebatas percakapan dalam SMS atau saat bergaul dengan teman-teman. Sebaliknya, saat berbicara dengan guru, presentasi di kelas, atau kegiatan resmi sekolah lainnya, gunakan bahasa formal. Malu dong, kalau kita sebagai warga negara Indonesia, tapi nggak tahu cara berbahasa yang baik.
  • Banyak membaca. Boleh-boleh saja, kita membaca buku berbahasa asing, untuk memperkaya kemampuan berbahasa kita. Tapi, nggak ada salahnya juga kita menambah pengetahuan dan kosakata bahasa Indonesia lewat buku-buku karya anak bangsa. Banyak kok buku karya anak bangsa yang menarik untuk dibaca.
  • Berpartisipasi dalam kompetisi atau lomba bahasa. Misalnya acara lomba debat di sekolah atau kompetisi lainnya. Ini bisa jadi kesempatan kita untuk memakai bahasa Indonesia yang baku. Jadikan kompetisi ini sebagai sarana untuk menguji kemampuan berbahasa kita.

Dewianataria – Foto: Sigid Kurniawan//corbis/ClickPhotos


polling

Satu Bahasa, Bahasa Indonesia

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.