Si Naga Purba, Komodo

by :
Posted : October 23, 2013

Pada tahun 2013 ini, Indonesia sedang gencar-gencarnya mempromosikan Pulau Komodo, lho. Itu tuh, tempat hidupnya hewan purba mirip dinosaurus, komodo. Jangan salah, spesies predator ini juga tinggal di pulau lain, lho. Walau terlihat pendiam, komodo bisa berlari dengan kencang.

Keberadan komodo baru diketahui pada tahun 1910 oleh  penjabat Administrasi Kolonial Belanda, Steyn Van Hensbroek. Ketika itu, armada kapal Belanda menemukan makhluk yang diduga naga di kawasan Flores, Nusa Tenggara Timur. Akhirnya, keberadaan spesies ini diteliti oleh Museum Zoologi, Bogor. Pada tahun 1912, komodo punya nama Latin, Varanus Komodoensis atas usulan Peter A. Ouwens, Direktur Museum Zoologi saat itu.

Kadal raksasa ini punya panjang 3 meter dan berat 90 kg untuk dewasa. Usianya bisa mencapai 50-60 tahun. Komodo bisa lari hingga kecepatan 20 kilometer perj am. Nggak heran kalau predator ini bisa mengejar sapi, kerbau, dan kuda untuk dijadikan santapan. Walau tidak punya selaput di kakinya, komodo dragon bisa menyelam hingga kedalaman 4,5 meter. Ia juga bisa memanjat pohon dengan menggunakan cakarnya yang tajam.

Selain kekuatannya, spesies ini  juga terkenal akan penciumannya yang tajam. Komodo bisa mencium bangkai dan bau darah dalam radius 9,5 kilometer. Makanya, bagi cewek-cewek yang sedang haid tidak diperbolehkan mengunjungi Taman Nasional Komodo. Naga ini juga memiliki sejenis bakteri dalam air liurnya. Hal ini yang membuat mangsa yang digigit melemah dan sulit bergerak. Biasanya sih, komodo akan memakan mangsanya setelah menjadi bangkai.

Hewan yang terancam punah ini hanya bisa ditemui di empat pulau, yakni Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami. Semuanya berada di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Katanya sih, hewan ini sudah ada sejak 40 juta tahun lalu di Australia. Karena ada pertemuan lempeng benua Australia dan Asia Tenggara, hewan ini berpindah ke kawasan Indonesia. Wow, tua juga ya, umur spesies ini! Ayu – Foto: Ayu


polling

Si Naga Purba, Komodo

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.