Stalaktit dan Stalakmit

by :
Posted : March 6, 2013
Kalau suatu saat punya kesempatan masuk ke sebuah gua, coba deh amati bebatuan yang ada di dalamnya. Ada yang berbentuk runcing,  yang letaknya di atas langit-langit dan di lantai gua. Di pelajaran geografi, kita lebih mengenalnya dengan istilah stalaktit dan stalakmit. Dua jenis bebatuan ini bisa nyanyi, lho!
    
Stalaktit adalah sejenis mineral sekunder (speleothem) yang menggantung di langit-langit gua kapur. Nah, inilah yang sering kita lihat ada di langit-langit atas gua. Sedangkan Stalakmit adalah batuan yang terbentuk di lantai gua, hasil dari tetesan air di langit-langit gua di atasnya, letaknya ada dibawah lantai gua. Stalaktit dan stalakmit ini masuk dalam jenis batu tetes (dripstone).

Stalaktit dan stalakmit adalah bentuk khas daerah Karst yang terbentuk dari proses pelarutan air di daerah kapur secara terus-menerus. Air yang larut tersebut akan masuk ke lubang-lubang (doline) yang turun ke gua dan akan menetes ke dasar gua. Tetesan-tetesan tersebut akan berubah menjadi batuan berbentuk runcing. Stalaktit membentuk batuan runcing kebawah, sedangkan stalakmit membentuk batuan runcing ke atas. Dalam setahun, stalaktit dan stalakmit akan bertumbuh rata-rata sebanyak 0,13 mm (0,005 inci). Saat mengalami pertumbuhan cepat, stalaktit bisa tumbuh 3 mm (0,12 inci) per tahun.  

Selain bentuknya yang indah, ternyata ada fakta unik yang menyebutkan bahwa stalaktit dan stalakmit ternyata bisa mengeluarkan bunyi. Di Gua Tambuhan, di daerah Pacitan, kita bisa mendengarkan nyanyian sinden diiringi suara musik gamelan. Uniknya suara musik gamelan tersebut bukan berasal dari alat musik biasa, melainkan suara yang berasal dari stalaktit gua tersebut. Saat dipukul, stalaktit tersebut akan mengeluarkan bunyi mirip suara gamelan yang harmonis. Berbeda dengan Gua Pindul, yang terletak di daerah Gunung Kidul yang memiliki Watu Gong (batu Gong) yang bisa mengeluarkan bunyi mirip alat musik gong..

Stalaktit dan Stalakmit di Gua Maharani (Jawa Timur) dan Gua Gong (Pacitan, Jawa Timur) juga menarik untuk dikunjungi. Penasaran dengan keindahan stalaktit dan stalaktit di dunia lainnya? Coba kunjungi gua-gua ini Cueva Martin Infierno (Kuba), Gua Shapur (Iran Selatan), Gua Choranche (Vercors, Perancis), Gua Altamira (Spanyol), Gua Mamonth (Amerika Serikat), Gua Carlsbad (Perancis). Dewianataria - Foto: Fotosearch


polling

National Pancake Day! (27 Februari)

Apa topping favoritmu saat makan pancake?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!