Climate Rangers Empowerment For Kids Jadi Media Pembelajaran Anak-anak Tentang Perubahan Iklim

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : October 2, 2019
Masih dalam rangkaian acara Climate Diplomacy Week 2019, Delegasi Uni Eropa bersama dengan Pemerintahan Indonesia adakan Climate Rangers Empowerment For Kids pada 28 September 2019 lalu guna membangun kepedulian anak-anak tentang isu perubahan iklim sejak dini.
 
Bekerja sama dengan komunitas pencinta lingkungan, Climate Rangers, kegiatan ini mengajak anak-anak di Rusunawa Flamboyan Cengkareng Jakarta Barat yang berusia 5 – 12 tahun untuk turut mengambil bagian dalam Pekan Diplomasi Iklim
 
Irham Faturrahman selaku Koordinator Program Empowerment Climate Rangers menjelaskan tentang latar belakang dibentuknya kegiatan yang melibatkan 80 anak penghuni Rusunawa Flamboyan ini.
 
Climate Empowerment for Kids merupakan komitmen bersama dari Climate RangersDelegasi Uni Eropa untuk Indonesiadan Global Peace Foundation Indonesia dalam meningkatkan pemahaman masyarakat, terutama anak-anak, tentang perubahan iklim.
 
Kami percaya bahwa masa depan bumi ada di tangan mereka dan kami percaya mereka kelak akan membuat bumi kita lebih baik,” ungkapnya.
 
Tidak hanya dibekali dengan pengetahuan seputar perubahan iklim, anak-anak Rusunawa Flamboyan juga diajak untuk mengikuti aksi kreatif lewat bermain dan mewarnai bersama dengan komikus Sheila Rooswitha Putri
 
Mengambil tema “Tidak Membuang Sampah Sembarangan”, Sheila menggambar sambil bercerita pada anak-anak Rusunawa Flamboyan tentang objek yang ia gambarkan. Anak-anak tersebut kemudian akan diberi kesempatan untuk mewarnai objek karya Sheila.
 
Kegiatan sederhana ini diharapkan mampu menjadi wadah penyalur pesan tentang perubahan iklim pada anak-anak di usianya yang masih belia.
 
“Menjaga kebersihan yang saya promosikan melalui kegiatan menggambar adalah aksi paling sederhana yang dapat kita lakukan sehari-hari, untuk turut menjaga lingkungan hidup dan mengantisipasi perubahan iklim,” ujar Sheila.
 
Tidak hanya itu, Sheila juga menyebutkan bahwa kegiatan semacam ini dilakukan sebagai bentuk penanaman karakter yang baik untuk bekal anak-anak saat mereka beranjak dewasa.
 
“Rusun adalah rumah mereka. Jika mereka sadar untuk menjaga rumah tetap bersih, lambat laun kesadaran itu akan berkembang hingga ke tataran menjaga dunia sebagai rumah mereka,” tutupnya.
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Delegation of the European Union to Indonesia
 
Baca juga: 

Topic

#EventUpdate , #CintaBumi

polling

Climate Rangers Empowerment For Kids Jadi Media Pembelajaran Anak-anak Tentang Perubahan Iklim

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!