
Seperti yang kita rasakan di era digital ini, arus perkembangan teknologi dan komunikasi semakin tidak bisa terpisahkan dengan yang namanya internet. Pada kesempatan kali ini, Emergency UI 2018 mengajak para remaja yang aktif di social media untuk tahu how internet could change our life, its risk, and how to limit it.
Arus perkembangan teknologi dan internet pada masa sekarang ini terkadang membuat para penggunanya semakin hanyut dalam aliran tanpa batas dan hanyut dalam pleasure yang telah diberikan oleh internet. Tanpa disadari, di saat kita menggunakan internet, kita menciptakan resiko untuk diri kita sendiri, lho. Nah, di sini kita butuh kecerdasan yang cukup untuk menggunakan internet.
Acara ini dihadiri oleh lima pembicara yang membahas mengenai bagaimana cara penggunaan media sosial yang efektif dan bijak. Mereka adalah Krishna Nugraha (Senior Digital Marketing Specialist Tokopedia), Mellissa Grace (Psikolog Klinis & Artis), I Gusti Ngurah Asthika Dhamasatya (VP E-Channel Business Head PT Bank Danamon Indonesia), Andi Dorma Silalahi (Indonesia Digital Practitioner, Winner of Google Awards 2010 for Digital Marketing – Leadership Awards), dan Devie Rahmawati (Pakar Komunikasi Universitas Indonesia).
Salah satu narasumber yang juga seorang praktisi digital, Andi Dorma Silalahi, mengatakan bahwa sekarang kita hidup di era of new media dan terdapat 5 tipe netizen dalam penggunaannya, yaitu Commentator, Catalyst, Chatter, Currator, dan Crawler. Masing masing tipe netizen tersebut mempunyai peran dan limit tersendiri dalam menggunakan social media.
Andi Dorma Silalahi juga mengatakan bahwa para Millenials (lahir tahun 1980-1995-an) dan Gen Z (lahir tahun 1995-2010-an) adalah tipe generasi yang merajai beragam digital media yang ada saat ini. Sedangkan, Baby Boomers (lahir sebelum tahun 1980-an) cenderung lebih suka menggunakan platform Facebook untuk bersosialisasi. Akhir dari pembicaraannya, Andi Dorma Silalahi mengatakan bahwa kita harus berhati-hati terhadap social media karena di sanalah perdagangan data di mulai.
Mellissa Grace, seorang psikolog yang sering tampil di televisi ini juga berkata bahwa social media merupakan sarang dan sumber penyakit. Penyakit itu bukan dalam bentuk fisik, melainkan dalam bentuk mental, seperti rasa iri, dengki, sampai depresi. That’s why, we need to take this issue seriously.
Ada etika dan tata kerja dalam ber-social media atau membuat konten di social media, seperti how can we create something that is useful and encouraging. Itu adalah hal penting yang patut kita terapkan dalam kehidupan ber-social media kita.
Di acara ini pula, Krishna Ricky Nugraha, seorang Senior Digital Marketing di Tokopedia menjelaskan bagaimana kita dapat membangun self-branding dari konten-konten yang kita share dan buat di social media.
Dalam talkshow ini, Krishna Ricky Nugraha mengatakan bahwa ada empat langkah yang harus kita kembangkan. Yaitu, pilih jenis platform social media yang sesuai dengan minat, tentukan tujuanmu dan isi kontenmu, kembangkan kontenmu itu dan scale it up!
Gimana, guys? Acara ini berguna banget kan, untuk kamu yang mau kenal social media dengan baik dan benar? Jadi, sudah siap punya konten social media yang baik dan bermanfaat untuk orang banyak?
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Emergency UI 2018, Dok. Pxhere
Baca juga:
- No Straw Movement Jadi Gerakan Nasional KFC Indonesia
- Run for Education 2018, Berlari Sambil Berdonasi
- Gerakan #iSweatIndonesia Ajak Generasi Muda Mengenalkan Asian Games 2018
Topic
#Trivia , #EventUpdateBaca juga
“Dream Big” dan Wujudkan Mimpi Kamu Bersama The Body Shop Indonesia!
“Dream Big” dan Wujudkan Mimpi Kamu Bersama The Body Shop Indonesia!
“It’s You”, Single Debut McKay di Indonesia yang Punya Lirik Lokal
“It’s You”, Single Debut McKay di Indonesia yang Punya Lirik Lokal
L’Oreal Indonesia Bersama UNESCO Berikan Penghargaan Pada 4 Ilmuwan Perempuan di Indonesia
L’Oreal Indonesia Bersama UNESCO Berikan Penghargaan Pada 4 Ilmuwan Perempuan di Indonesia

“Dream Big” dan Wujudkan Mimpi Kamu Bersama The Body Shop Indonesia!
“Dream Big” dan Wujudkan Mimpi Kamu Bersama The Body Shop Indonesia!

“It’s You”, Single Debut McKay di Indonesia yang Punya Lirik Lokal
“It’s You”, Single Debut McKay di Indonesia yang Punya Lirik Lokal

L’Oreal Indonesia Bersama UNESCO Berikan Penghargaan Pada 4 Ilmuwan Perempuan di Indonesia
L’Oreal Indonesia Bersama UNESCO Berikan Penghargaan Pada 4 Ilmuwan Perempuan di Indonesia