Kenalan Dengan Ikan Obama

by : Ayu
Posted : January 19, 2017
Pasti tahu dong, nama Barack Obama. Presiden ke-44 Amerika Serikat ini ternyata ada versi ikannya, lho. Kita bisa menyebutnya dengan Ikan Obama. Mengapa bisa dinamakan seperti itu, ya?
 
Biasanya sih, nama spesies hewan baru selalu berhubungan dengan nama penemu atau daerah asalnya. Tapi, ikan yang ditemukan pada tahun 2012 ini diberi nama Barack Obama. Lengkapnya, Etheostoma obama. Spesies ini masuk dalam golongan ikan darter (ikan yang bentuknya seperti anak panah). Ikan air tawar ini ditemukan di Sungai Duck dan Sungai Buffalo oleh peneliti dari Geosyntec Consultants AS, Steve Layman dan peneliti dari Saint Louis University AS, Rick Mayden.
 
Menurut Steve Layman dalam Scientific American, penamaan ini diberikan sebagai penghargaan untuk Presiden AS yang pernah tinggal di Indonesia itu. "Obama sudah berusaha keras untuk melakukan konservasi dan perlindungan lingkungan. Bahkan, dia menggunakan hal tersebut dalam visi globalnya. Namanya pantas diabadikan dalam lingkungan," jelas Layman. Fyi, ini bukan pertama kalinya Barack Obama diabadikan namanya. Pada tahun 2009, nama Obama juga dipakai untuk spesies lumut kerak, Caloplaca obame.
 
Para peneliti tersebut menemukannya ketika meneliti spesies ikan Etheostoma stigmaeum. Ternyata, hewan jenis tersebut terbagi lagi jadi 9 spesies. Salah satunya adalah Ikan Obama. Kalau melihat penampakan fisiknya, nggak heran Etheostoma obama juga disebut darter warna-warni. Soalnya, hewan ini didominasi warna oranye yang terang dan bintik biru. Ukuran tubuhnya berbeda tergantung jenis kelamin. Panjang tubuh untuk pejantan bisa mencapai 4,8 cm, sedangkan betina mencapai 4,3 cm.
 
Spesies ini termasuk dalam golongan ikan darter yang bisa bergerak cepat di air tawar. Ada sekitar 200 spesies yang sudah ditemukan. Ikan jenis ini juga dikenal dengan warna tubuhnya yang indah dan menarik perhatian. Sayangnya, beberapa jenis ikan ini terancam punah, lho. Bukan karena kurangnya populasi, tapi perubahan lingkungan di sekitar habitatnya. Misalnya, adanya kemungkinan pencemaran sungai di tempat tinggal Etheostoma obama. Ini bisa mengganggu ekosistem Ikan Obama.
 
Selain Ikan Obama, ada 4 jenis spesies ikan lagi yang diberi nama sesuai nama Presiden dan Wakil Presiden AS.   Theodore Roosevelt (Etheostoma teddyroosevelt), Jimmy Carter (Etheostoma jimmycarter), Bill Clinton (Etheostoma clinton) dan Al Gore (Etheostoma gore). Keempatnya masih dalam genus yang sama. Lucu, ya!  Editor: Indah Nainggolan - Foto: www.animalworld.com.ua
 

polling

Kenalan Dengan Ikan Obama

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!