Kenalan sama Dugong, Yuk!

by : Priska Zahra
Posted : July 26, 2016
Bisa ditebak deh, pasti belum ada yang tahu banyak tentang hewan satu ini. Meski sering disebut ikan duyung, ternyata hewan ini memiliki hubungan kekerabatan dengan gajah, lho. Coba kenalan, yuk!
 
Penampilan Fisik
Dugong adalah mamalia laut yang suka dibandingkan dengan lumba-lumba. Padahal, dugong nggak termasuk keluarga ikan karena mereka merawat anaknya dengan menyusui. Dugong punya kepala besar dan memiliki moncong, sehingga banyak yang menyebut kepala dugong nggak terlalu streamline (bentuk tubuh yang memudahkan untuk berenang). Selain itu, dugong juga nggak punya sirip di punggungnya. Ia hanya punya ekor yang mirip dayung serta telinga dan mata di sisi depan. Oh iya, dugong juga memiliki mulut yang besar karena makanan favoritnya adalah rumput laut.
 
Habitat
Menurut survei Shark Bay Marine Park, Australia Barat, habitat terbesar dugong adalah perairan Australia Barat. Sisanya ada di wilayah Indo-Pasifik. Soalnya, dugong membutuhkan kawasan jelajah yang luas dan perairan dangkal yang tenang untuk memudahkan mereka memakan rumput laut. Lucunya, mamalia ini hanya bisa menyelam selama 6 menit! Dugong harus muncul lagi ke permukaan laut untuk bernapas. Kadang-kadang dugong berada dalam posisi berdiri dengan kepala yang berada di atas air.
 
Reproduksi
Saat usianya mencapai 9-10 tahun, dugong sudah dianggap matang untuk berkembang biak. Namun, pada kasus tertentu, dugong bisa berkembang biak pada usia 15 tahun. Selama berkembang biak, Dugong hamil selama 12-14 bulan. Uniknya, demi menghindari predator seperti Hiu, induk Dugong memilih perairan dangkal untuk melahirkan. Sayangnya, setelah melahirkan, induk Dugong nggak akan hamil dalam waktu 2,5-7 tahun. Makanya, populasi Dugong terancam punah. Editor: Dian Nurlizta - Foto: www.thecutest.org

polling

Kenalan sama Dugong, Yuk!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.