Konferensi Perempuan Timur 2018 Perjuangkan Hak Korban Kekerasan

by : Maulida Belliana Putri
Posted : December 13, 2018
Konferensi Perempuan Timur Indonesia kembali digelar pada 10-11 Desember 2018 lalu, nih! Pertemuan yang diadakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur ini mengajak 500 aktivis perempuan kawasan timur Indonesia ikut terlibat dalam melawan kekerasan terhadap perempuan.
 
Pertemuan yang diadakan oleh Komnas Perempuan, Forum Pengada Layanan (FPL), dan Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) ini hadir dengan tema "Perempuan Timur untuk Pemenuhan Hak Korban Kekerasan". Konferensi yang juga didukung Kemitraan Australia-Indonesia untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (MAMPU) ini kemudian menghasilkan 5 rekomendasi bagi pemerintah.
 
Sebelumnya, Konferensi Perempuan Timur pernah dilaksanakan pada tahun 2016 dan 2017. Namun, fokus permasalahan yang diangkat saat itu hanyalah yang terjadi pada perempuan di wilayah perbatasan Timor Leste, Pulau Timor saja.
 
Tahun ini, Konferensi Perempuan Timur kembali diadakan dengan mengajak para perempuan dari 12 provinsi di kawasan timur Indonesia, yaitu NTT, NTB, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.
 
Selama ini, kamu tentunya sering melihat pemberitaan yang lebih banyak menginfokan keadaan di Jakarta dan kota-kota besar saja. Pertemuan ini diadakan agar permasalahan penting menyangkut Perempuan Timur dapat menjangkau masyarakat lebih luas.
 
Pertemuan hari pertama dibuka oleh Yohana Yambise, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak, yang membahas berbagai masalah kekerasan terhadap perempuan. Mulai dari pentingnya partisipasi Perempuan Timur membangun masa depan wilayah Timur Indonesia dari Azriana Manalu (Komnas Perempuan), belajar lebih jauh tentang perdagangan manusia di NTT dari Prof. DR. Mien Ratuejo (Universitas Nusa Cendana), serta cara kerja sama antara masyarakat dan pemerintah dari Elizabeth Marantika (Gasira) dan Drs. Idrus (Kadis P3A Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan).
 
Di hari kedua, para peserta mempelajari isu yang terkait dengan Perempuan, Politik dan Kebijakan, Mekanisme Perlindungan dan Dukungan Perempuan Pembela HAM, serta Pencegahan Perkawinan Anak dan Inisiatif Perempuan dalam Mencegah dan Menangani Kekerasan terhadap Perempuan dari Perspektif Budaya dan Pengalaman Pendampingan Perempuan Timur.
 
Dalam acara ini, peserta dibagi secara kelompok untuk menyusun strategi pemecahan masalah. Para perempuan yang mewakili 12 provinsi di Indonesia ini kemudian menghasilkan rekomendasi untuk disampaikan kepada pemerintah agar dapat dipakai di wilayah lain yang memiliki kasus serupa.
 
Rekomendasi yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut diharapkan menjadi salah satu upaya agar tidak ada lagi kekerasan terhadap perempuan dan perkawinan anak. Selain itu, pertemuan ini diharapkan meningkatkan partisipasi politik kaum perempuan dan melibatkan perempuan kaum marginal (berada di pinggir) dalam pembangunan desa.
 
Emy, salah satu peserta dari Kabupaten Timur Tengah Utara mengungkapkan kesannya ketika mengikuti konferensi tersebut, “Saya senang sekali bisa bertemu dengan teman-teman baru dari beragam wilayah di KPT 2018 ini. Bisa tahu permasalahan yang ada di daerah lain dan belajar dari mereka. Saya berharap kegiatan ini jangan berhenti sampai di sini saja. Kita perlu bagikan informasi dan pengetahuan yang kita dapatkan di sini kepada perempuan-perempuan di kampung kita, agar mereka mampu, berani, serta setara.”
 
Editor: Maharani Legita Foto: Dok. Konferensi Perempuan Timur
 
Baca juga:

Topic

#EventUpdate

polling

Konferensi Perempuan Timur 2018 Perjuangkan Hak Korban Kekerasan

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!